Resep dan Cara Memasak Brownies Panggang (Kacang)

Artikel Terkait Resep Kue
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah - Setelah sekian lama ngumpulin contekan resep, dan hunting bahan, dan ngarep kapan bisa dieksekusi, dan gak ada waktu.. lebih tepatnya males..akhirnya Idul Fitri tahun ini kesampaian, masih nuansa hari raya, sebenernya lumayan "kenyang" sama yang manis-manis, tapi kayanya kalau ditawari brownis yang satu ini gak bakal nolak..😂

Sejarah brownies sudah jadi rahasia umum, bahwa kue ini hasir dari kegagalan.. Jadi ceritanya tuh, ini versi lain dari kue bantet, hmm.. Mungkin yang bikin lupa kasih pengembang..😱 Hehe

Wah, betapa filosofis sekali kue ini, terkadang kegagalan tak selalu menjadi sesuatu yang mengerikan... Aseeekkk 😝

Aku suka brownies karena rasanya coklat banget. Sekarang lagi trend Brownis kukus, tapi aku pribadi lebih suka brownies panggang, karena lebih padet dan kering. Brownis yang bakal aku bikin ini full coklat, dengan tekstur padet, hmm...dan bikin kenyang, dan kalau buat aku sih udah pas banget, ditambah lagi gurih kacangnya bikin seimbang rasanya.

Brownies klasik taburannya adalah kacang almond, tapi berhubung aku lagi gak ada kacang almond, gantinya kacang tanah (berhubung masih Lebaran, ada kacang kupas buat bikin kacang goreng). Ini dia resepnya, gampang dan gak ribet.

RESEP BROWNIES PANGGANG (KACANG)
ala Dapur Mama Badar


waktu: 45 menit
porsi: 1 loyang berukuran kecil

Bahan:
🍰 100 gr tepung terigu serbaguna
🍰 55 gr DCC (coklat batangan khusus kue)
🍰 50 gr mentega ( aku pakai palmia royal)
🍰 125 gr gula halus
🍰 40 ml minyak sayur
🍰 25 gr coklat bubuk (semacam cocoa vanhouten)
🍰 2 butir telur
🍰 50 gr kacang tanah kupas, tumbuk kasar

Cara:
🍰 Tim mentega, minyak, dan coklat. Aku pakai panci kecil diberi air, kemudian bahan-bahan disimpan di wadah lainnya yang tahan panas, dan disimpan di tengah-tengah air di dalam panci tersebut. Panaskan dengan api kecil hingga coklat dan mentega mencair, dan semuanya menjadi satu.
🍰 Sementra menunggu tim coklat, masukan telur dan gula lalu aduk hingga gula larut, tidak usah sampai telur mengembang ya, nanti jadinya malah bikin bolu..hehe
🍰 Setelah gula larut masukan tepung, coklat bubuk, tim coklat, aduk rata semua menjadi satu dengan spatula.
🍰 Sambil meracik bahan-bahan di atas, panaskan oven pada suhu 150 drajat kurang lebih 15 menit, atau hingga cukup panas.
🍰 Siapkan loyang, olesi tipis-tipis mentega di atasnya, kemudian lapisi dengan kertas roti, dan masukan adonan, lalu ratakan, setelah rata taburkan kacang tanah ( mentah ) di atasnya.
🍰 Masukan adonan ke dalam oven yang telah dipanaskan, lalu panggang pada api atas dan bawah pada suhu 150 drajat ( suhu sedang), selama kurang lebih 30 menit.
🍰 Jangan lupa putar loyang agar brownies matang merata , berhubung aku punyanya oven listrik yang gak bisa muter otomatis panggangannya, aku putar sesuai jarum jam setiap 5 menit. Dan jangan lupa juga cek kematangan, dengan menusukan garpu atau tusukan sate ke dalam adonan brownies tadi, jika sudah tidak ada adonan yang melekat atau kacang sudah agak coklat, berarti brownies sudah matang.
🍰 Resep brownies panggang kacang siap disajikan.

pelengkap: teh manis

📩 topping bisa diganti dengan kacang lainnya seperti almond atau mede. Juga bisa di tambahkan keju, tips untuk taburan keju, keju tidak dimasukan saat adonan masih mentah, jadi tunggu brownies matang, kemudian diolesi diatasnya pasta coklat/ selai coklat, baru diatasnya taburi parutan keju.. yummy 😋


Add Friend

Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :