Sering Terlambat Haid? Konsumsi 5 Makanan Pelancar Haid Ini

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Banyak wanita sering mengalami gangguan pada siklus menstruasi alias menstruasi. Konsumsi makanan ini secara rutin dapat membantu melancarkan datang bulan.

Siklus reproduksi wanita biasanya berkisar pada 21-35 hari. Ada beberapa kondisi nan dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi dan sebagian besar dapat menimbulkan rasa nan tidak nyaman.

Pada kondisi tertentu, keterlambatan menstruasi ini perlu dilakukan perlakuan unik untuk memicu terjadinya menstruasi. Secara alami menjaga keteraturan siklus menstruasi rupanya bisa dilakukan melalui asupan makanan tertentu nan tepat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain memperbaiki pola hidup dan kebiasaan menjadi lebih baik, menjaga keseimbangan asupan makanan juga krusial dilakukan. Beberapa makanan nan direkomendasikan mahir ini cocok untuk dikonsumsi secara rutin guna melancarkan menstruasi.

Baca juga: 5 Restoran Legendaris Indonesia nan Usianya Lebih dari 100 Tahun

Berikut ini 5 asupan makanan untuk melancarkan menstruasi menurut Be Body Wise:

Sering Terlambat Haid? Konsumsi 5 Makanan Pelancar Haid IniKonsumsi jahe dapat memicu menstruasi dengan langkah meningkatkan suhu tubuh. Foto: Getty Images/Rattankun Thongbun

1. Jahe

Jahe nan hangat di tenggorokan rupanya mempunyai faedah sebagai emmenagogue. Artinya konsumsi jahe secara rutin dapat membantu menstimulasi siklus menstruasi lebih cepat.

Cara konsumsinya dapat dilakukan dengan menyeduh parutan jahe dengan air hangat seperti teh. Untuk membikin rasanya lebih enak, Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan madu nan manis.

Ketika dikombinasikan dengan madu, jahe dapat membantu meningkatkan suhu tubuh. Dampaknya ketika suhu tubuh meningkat ada kontraksi pada rahim untuk memicu menstruasi nan terlambat.

2. Gula merah

Dibalik rasanya nan manis dan legit, gula merah juga mempunyai faedah untuk kesehatan. Gula merah dapat membantu mengendalikan kadar unsur besi di dalam tubuh.

Kecukupan unsur besi bakal mempengaruhi hemoglobin di dalam darah nan dampaknya memengaruhi siklus menstruasi. Caranya cukup mudah, gula merah dapat diracik dengan bahan-bahan lainnya sebagai minuman hangat.

Siapkan separuh sendok teh wijen, kunyit, hingga jahe. Aduk hingga merata dengan secangkir air hangat. Konsumsi racikan ini beberapa hari sebelum waktu menstruasi nan semestinya dapat mempercepat datang bulan.

Makanan untuk melancarkan menstruasi lainnya ada di laman berikutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food