Ini Aturan Konsumsi Daging Tiap Hari Agar Tubuh Tetap Sehat

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Daging menjadi makanan nan umum dikonsumsi sehari-hari. Namun, ada takaran konsumsi daging setiap hari agar tetap menyehatkan tubuh.

Daging termasuk sumber protein utama dalam konsumsi harian. Kandungan nutrisi di dalamnya meliputi masam amino esensial, vitamin B12, unsur besi, dan zinc.

"Protein daging hewani diserap dan diasimilasi secara efisien dibandingkan dengan sumber lain, seperti protein nabati," kata Trout, seperti dikutip dari Delish (4/4).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebenarnya, masam amino ini juga bisa didapatkan melalui protein nabati. Namun, asupannya kudu lengkap, seperti menambahkan nasi dan kacang-kacangan dalam asupan harian.

Protein memang asupan nan baik untuk kesehatan, tapi daging bisa berasal dari unggas alias hewan berbeda nan mana juga mempunyai lemak dan kolesterol. Kandungannya berbeda-beda tergantung jenisnya.

Terlalu banyak lemak dapat menyebabkan penambahan berat badan. Hal ini bisa menyebabkan gangguan metabolisme dan berakibat pada trigliserida darah dan kolesterol.

Jadi, apakah kondusif mengonsumsi daging setiap hari?

Aturan makan daging nan sehatAturan makan daging nan sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Asupan protein nan dianjurkan untuk tubuh setiap harinya sebesar 0,8 gram protein per kilogram berat badan per hari. Ini adalah jumlah minimum nan kudu dikonsumsi seseorang dan bakal bervariasi berasas aspek lain seperti tingkat aktivitas mereka.

Menurut pedoman diet orang Amerika, disarankan untuk mengonsumsi sekitar 26 ons (737 gram) daging unggas dan telur per minggunya.

Lauren Manaker mengatakan, "Meskipun orang tidak kudu makan daging setiap hari, jika mereka mengonsumsi makanan dengan porsi nan tepat dan makanan padat nutrisi nan sesuai dengan pola makan sehat, makan daging setiap hari dapat diterima."

Namun, tentu saja asupannya setiap hari kudu dibatasi. Menurut American Cancer Society, setiap hari daging bisa dikonsumsi sekitar 85-113 gram.

Takaran porsi tersebut rupanya jauh lebih mini daripada nan dikonsumsi kebanyakan orang pada satu waktu makan. Untung mengakalinya, Manaker merekomendasikan untuk menggabungkan daging dengan protein nabati.

Simak Video "Sajian Praktis Ramadan: Sambal Daging Cabai Hijau"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food