Codeblu, Dari Reviewer Makanan Anonim Hingga Pukul Ko Chef Arnold Di Ring Tinju

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Codeblu tengah jadi perbincangan hangat usai sukses mengalahkan chef Arnold dalam adu tinju. Sebelumnya, dia adalah sosok reviewer makanan anonim nan terkenal dengan kritik pedas dan tajam.

Codeblu adalah sosok reviewer makanan nan memberi warna baru dalam bumi kuliner Indonesia. Jika biasanya para reviewer makanan mengomentari makanan tidak lezat dengan kalimat halus, maka berbeda dengan Codeblu.

Sejak awal kemunculannya, dia konsisten memberikan review jujur. Codeblu apalagi tidak ragu melemparkan kritik pedas untuk makanan nan tidak lezat alias pelayanan tempat makan nan buruk.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun style reviewnya nan ceplas-ceplos dan menusuk ini justru disukai sebagian netizen Indonesia. Terlebih di awal kemunculannya sekitar tahun 2023, identitas Codeblu tetap anonim. Publik pun semakin penasaran dengan dirinya.

Sayang identitas Codeblu diungkap oleh food vlogger Farida Nurhan namalain Omay, buntut drama review Nyak Kopsah nan dinilai Codeblu tidak enak. "Makannya gak pakai video, gak pakai foto, sok-sok an ngerti FnB (Food and Beverage), sok-sok an bisa ngereview," ujar Farida Nurhan kala itu mengomentari.

Pertemuan CodebluPertemuan Codeblu dengan Nyak Kopsah sempat mencuri perhatian. Foto: YouTube Denny Sumargo

Mereka pun sempat berseteru, apalagi Codeblu melaporkan Farida Nurhan ke polisi. Laporan itu menurut Codeblu dalam YouTube berbareng Denny Sumargo (23/4/2024) tetap ada, tapi dia sepertinya enggan memperpanjang.

Dampak perihal tersebut, identitas, latar belakang, hingga rekam jejak Codeblu di bumi kuliner perlahan mencuat ke publik. Diketahui nama aslinya William Anderson. Ia pun bukan orang baru dalam bumi kuliner.

Dalam video era dulu nan ramai beredar, diketahui jika Codeblu adalah seorang chef untuk upaya kulinernya sendiri. Hal tersebut pernah diungkap oleh William sendiri melalui kanal YouTube FINDERSFAIR (03/08/15). "Halo nama gue William Anderson sebagai chef French pastry," tuturnya.

Bersama dengan sang adik, dia membuka upaya kuliner berjulukan Iscaketory nan menawarkan jenis pastry. Codeblu mengungkap bahwa adiknya lah nan mempunyai pengetahuan di bumi kuliner.

iscaketory, croissant geprekIscaketory tawarkan croissant geprek nan jadi menu andalan. Foto: dokdetikFood

Codeblu dan adiknya membuka upaya Iscaketory nan terkenal dengan kreasi croissant geprek. Dalam wawancara berbareng detikfood (6/7/2018), dia berujar bisnisnya berdiri sejak sekitar 6 tahun lalu.

Mereka menawarkan canele, Portugal cake, dan croissant geprek nan membikin namanya populer. Croissant itu diciptakan Codeblu lantaran terinspirasi kuliner pedas nusantara.

Ada lima jenis croissant geprek nan ditawarkan, mulai dari Big Bang, Bae Bang, a Bang, Parisien Bang, dan Indo Bang. Masing-masing mempunyai 4 tingkat kepedasan.

Perjalanan karir Codeblu dipenuhi kontroversi. nan terbaru soal tuduhan bahwa review buruknya membikin upaya steak warung tenda nyaris bangkrut.

Steak itu adalah Meat a Meat nan ada di area Sunter, Jakarta Utara. Codeblu mengkritik habis-habisan menu di sana lantaran menggunakan daging meltique nan menurutnya tidak lezat dan tidak sehat.

TikToker @ardyawahnhalley23 pun mengungkap kondisi terbaru Meat a Meat. Pemilik warung steak itu mengaku omzet mereka menurun drastis hingga 50%-60% usai Codeblu mengunggah video review jujur tersebut.

Codeblu Klarifikasi Soal Tuduhan Bikin Omzet Warung Steak Turun 50%Codeblu menjelaskan soal tuduhan bikin warung steak tenda kehilangan omzet besar. Foto: YouTube Denny Sumargo

Atas perihal ini, Codeblu pun memberikan klarifikasi. Ia mengatakan semua review jujur itu sudah sepengetahuan sang pemilik upaya steak Meat a Meat.

Namanya juga kian melambung usai mengalahkan chef Arnold dalam duel tinju di arena Hollywings Sport Show (HSS). Codeblu bermain dengan jeli dan penuh strategi hingga sukses membat chef Arnold KO.

Sebelum Chef Arnold dinyatakan KO, Codeblu terlihat memberikan sejumlah pukulan nan sanggup membikin Arnold jatuh tersungkur berkali-kali. Hingga kemudian, Codeblu betul-betul membikin Arnold tersungkur tak berkutik.

Simak serba-serbi Codeblu di bumi kuliner dalam ulasan detikfood tengah minggu ini ya!

(adr/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food