5 Merek Cokelat Dengan Kualitas Terbaik Menurut Chef

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Cokelat telah lama menjadi bahan dasar makanan. Rasa makanan itu pun bakal tergantung dari kualitas cokelat nan dipakai. Lantas, mana merek cokelat nan terbaik?

Cokelat tidak dimakan utuh begitu saja, tetapi sejak lama diolah menjadi bahan dasar dalam pembuatan makanan, terutama makanan manis. Mulai dari hidangan kue, minuman, es krim, dan lainnya.

Dalam pembuatan makanan penutup itu, beberapa orang tentu perlu memilih jenis cokelat terbaik. Sebab, rasa makanan dan kualitasnya bakal berjuntai juga dari cokelat nan dipakai.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meskipun banyak merek beredar, tetapi belum tentu semuanya berbobot dan cocok dijadikan bahan dasar pembuatan makanan.

Dengan banyaknya merek cokelat, cukup rumit menentukan mana nan terbaik. Namun, para chef ahli telah menentukan merek cokelat mana nan paling baik.

Salah satu chef nan turut menentukan merek cokelat terbaik ini adalah Gale Gand, chef pastry pemenang James Beard Award dan alumni Food Network.

Terdapat beberapa kriteria nan masuk ke dalam jenis cokelat terenak. Pertama, merek tersebut mempunyai indikasi jelas mengenai persentase kakao nan ada di dalamnya. Gand juga memandang merek nan menggunakan cacao butter original sebagai lemaknya.

Dengan kriteria ini, lahirlah daftar merek cokelat dengan kualitas terbaik menurut chef pastry tersebut. Melansir thedailymeal.com (21/04), berikut daftar 5 merek cokelatnya!

1. Callebaut

cokelatCallebut juga unggu lantaran harganya terjangkau dan memenuhi seluruh kriteria. Foto: Getty Images/Facebook/iStock

Callebaut menjadi unggul lantaran harganya terjangkau dan memenuhi semua kriteria.

Sejak 1911, produsen cokelat asal Belgia ini telah memproduksi cokelat premium hanya dengan menggunakan bahan-bahan berbobot baik.

Mereka memerhatikan biji kakao nan ditanam berkepanjangan hingga 2 tahap proses conching nan dilakukan. Proses conching memungkinkan viskositas, tekstur, dan rasa pada cokelat. Merek Callebaut ini pun mengikuti proses pengolahan conching nan cermat.

Setiap produk cokelatnya juga diberi label jelas, dengan info mengenai asal biji kakao, persentase padatan kakao dan jumlah lemaknya, catatan rasa, dan rekomendasi penggunaan ideal.

Gand mencatat Callebaut lebih unggul lantaran teksturnya padat tapi meleleh, mempunyai lapisan cokelat dalam suhu nan baik. Cokelat ini sangat cocok dipakai para baker alias kreator roti dan kue.

2. Valrhona

cokelatValrhona merupakan cokelat unggulan asal Prancis. Foto: Getty Images/Facebook/iStock

Valrhona merupakan merek cokelat unggulan asal Prancis, tepatnya dari lembah Rhone di Perancis Selatan nan terkenal dengan budaya pembuatan wine-nya.

Perusahaan ini datang pada 1922, dengan menggaet chef pastry, Alberic Guironnet. Perusahaan ini terus memproduksi cokelat berbobot premium menggunakan biji kakao asli.

Para kreator cokelat itu terlatih dalam perihal inovasi, mendorong upaya untuk memperkenalkan rasa cokelat nan baru dan lebih kompleks.

Cokelat Valrhona tersedia dalam dua kategori, ialah untuk kategori professional dan kategori untuk konsumen biasa. Ada paket dan persentase kakao berbeda.

Masing-masing produknya diberi label jelas, nan mencantumkan asal biji kakao, perincian profil rasa, aplikasi nan pas, serta info teknis.

Meskipun Valrhona mahal, tetapi Anda dianggap bakal mendapat perihal sepadan.

Merek cokelat ini juga spesialisasinya pada couverture dan compound cokelat nan mengandung cocoa butter lebih tinggi, sehingga produk bisa meleleh dengan lebih efisien.

Merek cokelat terenak lainnya bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food