10 Makanan Yang Membuat Kantuk, Penderita Insomnia Perlu Tahu!

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Ada beberapa makanan nan dapat menyebabkan kantuk. Hal ini bisa dikonsumsi oleh penderita insomnia nan susah tidur.

Orang nan menderita insomnia bakal terjaga sampai larut malam. Sehingga kualitas tidurnya memburuk dan bangun dalam keadaan lelah. Lantas,apa saja makanan nan bisa membikin kantuk dan dapat memperbaiki kualitas tidur?

Makanan nan Menyebabkan Kantuk

Beberapa makanan nan bisa menyebabkan kantuk di antaranya ialah alpukat, pistachio, hingga biji labu. Berikut penjelasannya:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh dan unsur antioksidan. Menurut mahir nutrisi berjulukan Serena Poon nan dikutip Well and Good, alpukat baik untuk dikonsumsi penderita insomnia lantaran bisa menyebabkan kantuk.

"Alpukat adalah buah nan mengandung lemak tak jenuh, di mana memproduksi serotonin nan membantu kualitas tidur," kata Poon.

2. Teh Chamomile

Teh chamomile mempunyai pengaruh menenangkan. Poon mengatakan bahwa teh ini merupakan salah satu minuman terbaik untuk tidur nan membikin tubuh rileks di malam hari. Selain itu, chamomile juga mengandung antioksidan, senyawa fenolik, dan sifat anti-inflamasi.

3. Pistachio

Pistachio adalah makanan nan tinggi melatonin alias hormon tidur. Meski banyak suplemen melatonin, Poon menganjurkan untuk menambahkan lebih banyak makanan nan secara alami meningkatkan hormon, seperti kacang ini.

"Penelitian menunjukkan bahwa makanan sumber melatonin bisa mendukung peningkatan kualitas tidur," ujar Poon.

4. Goji Berry

Goji berry juga merupakan sumber melatonin nan baik dan mempunyai tinggi antioksidan. Kandungan ini mendukung kesehatan, vitalitas, dan umur panjang. Goji berry bisa dimakan sebagai camilan, topping yoghurt alias oatmeal.

5. Makanan Karbohidrat Kompleks

Makanan nan mengandung karbohidrat kompleks terbukti bisa menyebabkan rasa kantuk. Di antara contoh makanan dengan karbohidrat kompleks ialah nasi merah dan makanan nan mengandung gandum.

6. Kiwi

Kiwi adalah buah nan mempunyai banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin C dan E, serta potasium, dan folat. Mengutip laman Sleep Foundation, beberapa penelitian menemukan bahwa kiwi bisa meningkatkan kualitas tidur.

Satu penelitian menunjukkan bahwa orang nan makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur tertidur lebih cepat, lebih lama, dan mempunyai kualitas tidur lebih baik.

7. Protein Tanpa Lemak

Beberapa makanan nan mengandung protein lemak ialah daging ayam (bagian dada), ikan, hingga keju rendah lemak. Makanan ini juga tinggi masam amino triptofan nan condong meningkatkan kadar serotonin. Saat serotonin meningkat, kualitas tidur bakal membaik.

8. Ceri Asam

Ceri masam membantu tubuh melepaskan melatonin dan mendukung ritme sirkadian alami tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ceri masam sebelum tidur bisa meningkatkan waktu dan efisiensi tidur, mengurangi peradangan dan membantu memerangi insomnia.

9. Makanan Tinggi Magnesium

Makanan tinggi magnesium juga dikaitkan dengan kualitas tidur nan lebih baik. Untuk makan malam, pilih sayuran berdaun hijau seperti bayam nan kaya dengan magnesium. Adapun makanan tinggi magnesium lainnya ialah kacang-kacangan dan biji-bijian.

10. Biji Labu

Biji labu mengandung triptofan. Banyak orang nan menggunakan triptofan untuk mengobati insomnia kronis, lantaran tubuh mengubahnya menjadi serotonin alias hormon emosi baik dan melatonin.

Menurut penelitian, mengkonsumsi 1 gram triptofan alias lebih sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur. Cara mengkonsumsi biji labu nan direkomendasikan Poon adalah memanggangnya dengan minyak alpukat, garam merah muda himalaya, serta ramuan dan rempah lainnya.

Itulah 10 makanan nan dapat membikin kantuk. Tertarik untuk mencoba mengkonsumsi makanan ini?

Simak Video "Makan Ayam Goreng Warung Doyong, Seperti Apa Kelezatannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food