5 Fakta Makanan Di Luar Angkasa Yang Disantap Astronot

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Banyak orang bertanya-tanya, gimana langkah makan di luar angkasa. Rupanya, memang ada langkah unik makanan sampai ke sana hingga langkah astronot menikmatinya.

Kehidupan di luar angkasa tentu jauh berbeda dengan kehidupan di bumi. Tidak adanya gravitasi, hingga beberapa kondisi tertentu membikin para astronot nan bekerja di luar angkasa perlu menyiapkan beragam macam hal, termasuk makanan.

Sekalipun berada di luar angkasa, para astronot tentu tetap perlu mengisi perut mereka. Kondisi lingkungan nan berbeda dengan bumi membikin banyak orang pun bertanya-tanya makanan apa nan dinikmati pasa astronot di luar angkasa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tom Marshburn, salah satu astronot NASA menjelaskan langkah makan dalam gravitasi nol. Marshburn telah menghabiskan banyak waktu di luar angkasa. Ia apalagi bekerja selama lima bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, lapor thrillist.com.

Untuk memenuhi rasa penasaran banyak orang, Tom Marshburn menyempatkan waktu untuk menjelaskan semua poin krusial dan langkah makan di luar angkasa.

Berikut 5 kebenaran makan di luar angkasa, seperti nan dilansir dari thrilist.com (16/07).

1. Makanan kudu lulus tes 'Vomit Comet'

5 Fakta Makanan di Luar Angkasa nan Disantap AstronotSemua makanan kudu lulus uji vomit comet. Foto: NASA

NASA mempunyai staf dalam bagian mahir gizi, insinyur, dan intelektual nan menciptakan astrofood di Fakultas Teknik Sistem Pangan di Houston.

Salah satu tugas mereka ialah mengambil setiap jenis makanan baru dari pesawat gravitasi nol KC-135 NASA alias Vomit Cmet, untuk memandang gimana reaksinya dalam mikrogravitasi.

Jika lolos tes ini dan beberapa tes lainnya, maka makanan tersebut disetujui untuk terbang alias dibawa ke luar angkasa.

2. Bisa bawa makanan sendiri

5 Fakta Makanan di Luar Angkasa nan Disantap AstronotAstronot diperbolehkan membawa makanan nan diinginkan. Foto: NASA

NASA memastikan para astronot mendapatkan semua makanan nan mereka butuhkan. NASA juga memperbolehkan mereka mengemas barang-barang mereka sendiri untuk menghilangkan potensi menu nan monoton.

Menurut Marshburn, semua menu nan mau dibawa perlu lolos izin laboratorium makanan. Wadah kaca alias peralatan apapun nan jelek tidak boleh dibawa ke luar angkasa.

Marshburn juga mengaku jika NASA punya beberapa batas lainnya nan tidak dia ketahui.

Mereka biasa diizinkan tinggal selama lima bulan, sehingga perlu memilih camilan untuk dibawa ke atas dengan bijak.

Fakta menarik lainnya dibalik gimana langkah astronot menikmati makanan bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Simak Video "Sanksi Tegas Bagi UMKM nan Abaikan Sertifikasi Halal"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food