10 Restoran Legendaris Di Dunia Versi Tasteatlas, Ada Yang Dari Indonesia!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Daftar Isi

  • 10 Restoran Legendaris di Dunia Versi TasteAtlas
  • 1. Figlmüller (Vienna, Austria) 2. L'Antica Pizzeria da Michele (Naples, Italia) 3. Hofbräuhaus München (Munich, Jerman) 4. Gino e Toto Sorbillo (Naples, Italia) 5. Paragon (Kozhikode, India) 6. Tunday Kababi (Lucknow, India) 7. Café de Tacuba (Mexico City, Mexico) 8. Trattoria Vecchia Roma (Roma, Italia) 9. Warung Mak Beng (Sanur, Indonesia) 10. Peter Cat (Kolkata, India)

Jakarta -

Ada banyak sekali restoran di bumi nan menyediakan beraneka ragam kuliner. Di antaranya, ada restoran legendaris nan mempunyai cita rasa makanan ikonik tetap original dari resep turun-temurun nan digunakannya.

TasteAtlas, situs ensiklopedia rasa sekaligus atlas hidangan dan restoran dari beragam negara, mengeluarkan daftar restoran paling legendaris di dunia. Salah satu tempat makan di Indonesia masuk top 10 dalam daftar tersebut, lho.

Restoran nan dipilih ini dikurasi berasas cita rasa hidangan dan resep warisan dari generasi ke generasi nan tetap digunakan. Setiap restoran menyimpan cerita, melestarikan budaya, serta menjunjung tinggi tradisinya masing-masing.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, dari mana saja restoran legendaris di bumi ini berasal?

Berikut top 10 restoran legendaris menurut TasteAtlas nan tersebar di beragam negara:

1. Figlmüller (Vienna, Austria)

Figlmüller di Vienna, Austria dinobatkan sebagai restoran paling legendaris nomor 1 di dunia. Restoran nan didirikan sejak 1905 ini terkenal dengan menu andalannya ialah Schnitzel Wiener Art.

Schnitzel Wiener Art dibuat dari daging babi nan digoreng dengan bebatan tepung. Menu ini telah dijual di sana selama sekitar 115 tahun. Hingga kini, cita rasanya tidak berubah apalagi sampai menjadi tolok ukur hidangan klasik Austria ini.

2. L'Antica Pizzeria da Michele (Naples, Italia)

Berlokasi di Naples, Italia, L'Antica Pizzeria da Michele menawarkan jenis pizza klasik nan lezat. Menu ikonik restoran nan telah berdiri sejak 1870 ini adalah pizza Napoletana.

Berkat resep turun temurun dan bahan-bahan berbobot tinggi nan digunakannya, hidangan di restoran itu mempunyai cita rasa nan konsisten. Cara memanggang pizza di sana juga terkenal tetap tradisional, ialah di dalam oven berbahan bakar kayu.

Konon, restoran L'Antica Pizzeria da Michele nan menjadi cikal bakal menu pizza Neapolitan.

3. Hofbräuhaus München (Munich, Jerman)

Restoran Hofbräuhaus München di Munich, Jerman diketahui sudah ada sejak 1589. Kuliner favoritnya ialah Schweinshaxe, hidangan tradisional dari daging babi bagian ujung kaki nan dipanggang hingga renyah dan warnanya keemasan.

Schweinshaxe disajikan dengan pangsit kentang, mashed potato, alias asinan kubis dan diberi saus bir. Restoran Hofbräuhaus München membikin sendiri birnya dengan teknik tradisional Bavaria.

4. Gino e Toto Sorbillo (Naples, Italia)

Ada lagi restoran legendaris di Naples, Italia, ialah Gino e Toto Sorbillo. Di restoran nan berdiri pada 1935 ini, pizza Margherita jadi menu andalannya.

Pizza Margherita di sana dibuat dengan bahan-bahan lokal berkualitas. Proses panggang nan masing menggunakan oven tradisional, menciptakan hidangan nan sempurna dan melambangkan keaslian pizza Neapolitan.

5. Paragon (Kozhikode, India)

Restoran Paragon di Kozhikode, India menawarkan biryani sebagai menu unggulannya. Ini adalah hidangan nasi nan dimasak dengan rempah-rempah dan daging.

Biryani di restoran nan telah didirikan sejak 1939 ini, diolah dengan bahan-bahan lokal. Proses memasaknya pun tetap memakai metode tradisional, sehingga cita rasa hidangannya kian nikmat.

6. Tunday Kababi (Lucknow, India)

Terletak di Lucknow, India, Tunday Kababi diakui luas sebagai restoran nan terkenal dengan masakan Mughlai-nya. Di sini, sajian ikoniknya adalah galouti kebab.

Hidangan ini dibuat dari daging cincang lembut nan dipadukan dengan pepaya mentah dan beragam macam bumbu. Galouti kebab biasanya disajikan dengan perasan jeruk nipis serta daun ketumbar, dan paling nikmat dimakan berbareng chutney mint.

7. Café de Tacuba (Mexico City, Mexico)

Beroperasi sejak 1912, Café de Tacuba di Mexico City, Mexico masuk ke jejeran restoran paling legendaris di dunia. Hidangan khasnya ialah enchilada, tortilla jagung nan diisi dengan isian daging ayam dan diberi saus cabai.

Dengan resep turun-temurun nan digunakan, cita rasa enchilada di restoran ini tetap sama sejak dulu dan diakui oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.

8. Trattoria Vecchia Roma (Roma, Italia)

Berdiri sejak 1916, restoran Trattoria Vecchia Roma di Roma, Italia terkenal dengan menu andalannya ialah Bucatini all'Amatriciana. Ini adalah salah satu hidangan pasta tradisional Romawi klasik.

Sajian pasta ini dibuat dari saus tomat nan berpadu dengan daging babi nan diawetkan (guanciale) dan keju pecorino romano. Bucatini all'Amatriciana mempunyai cita rasa kuat nan melapisi setiap helai mienya.

9. Warung Mak Beng (Sanur, Indonesia)

Ini dia restoran Indonesia nan masuk daftar top 10 restoran paling legendaris di bumi jenis TasteAtlas. Yaitu Warung Mak Beng nan berlokasi di Sanur, Denpasar, Bali.

Tempat makan nan sudah ada sejak 1941 ini menyajikan menu sederhana nan lezat. Tersedia ikan goreng, sup ikan, dan sup sayur nan disajikan dengan sambal pedas.

Meski hidangannya simpel, bahan-bahan nan dipakai segar dan menggunakan resep family turun-temurun. Karena itu, hidangan di Warung Mak Beng punya cita rasa unik nan tidak berubah.

10. Peter Cat (Kolkata, India)

Masih dari India, ada restoran Peter Cat nan berlokasi di Kolkata. Menu chelo kebab jadi hidangan unggulan di restoran nan telah didirikan sejak 1975 ini.

Meski chelo kebab aslinya berasal dari Iran, Peter Cat memberi sentuhan tersendiri pada menu nan ditawarkannya itu. Daging kambing dan ayam dipilih sebagai pengganti daging sapi, kemudian ditusuk dan dipanggang.

Chelo kebab di sini juga tidak menggunakan telur mentah, melainkan telur separuh matang nan disajikan dengan nasi mentega. Dengan resep modifikasinya, menu tersebut mempunyai rasa nan tak tertandingi.

Nah, itu dia 10 restoran paling legendaris di bumi menurut TasteAtlas.

Simak Video "Warung Mak Beng Bali Masuk Daftar 150 Restoran Legendaris di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(azn/fds)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food