10 Makanan Khas Malaysia Terpopuler Yang Rasanya Gurih, Pedas, Aromatik

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Khazanah gastronomi Malaysia mencakup kuliner hasil perpaduan beragam etnis misal Melayu, India, alias Tionghoa. Keberagaman ini tercermin dalam rasa, tampilan, langkah makan, dan memasaknya.

Sekilas cita rasa makanan unik Malaysia mirip Indonesia nan identik dengan gurih, pedas, dan aromatik. Penasaran seperti apa makanan unik Malaysia?

10 Makanan Khas Malaysia Terpopuler

Mengutip dari laman Tasteatlas dan Heythattastesgood, berikut ulasan makanan unik Malaysia paling terkenal nan rasanya menggugah selera:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Roti Canai

paratha bread or canai bread or roti maryam, favorite breakfast dish. served on plateparatha bread or canai bread or roti maryam, favorite breakfast dish. served on plate Foto: Getty Images/iStockphoto/Faiz Dila

Asal muasal roti canai sendiri sebenarnya berasal dari India. Resep dan tradisi membikin roti canai pertama kali dibawa oleh imigran India ke Malaysia. Siapa sangka camilan roti sederhana ini pun banyak disukai tidak hanya di negeri jiran, tetapi sampai ke negara tetangga seperti Brunei, Thailand, termasuk Indonesia.

2. Kari Ayam

Resep Kari Ayam MalaysiaResep Kari Ayam Malaysia Foto: iStock

Populer di Malaysia dan Indonesia, kari ayam merupakan sajian nan kaya bakal rempah. Beberapa rempah nan digunakan untuk meracik kari ayam seperti daun kari, cabai, jintan, jahe, kunyit, dan kayu manis. Berbeda dengan di Indonesia, kari ayam di Malaysia biasa dihidangkan dalam panci tanah liat.

3. Nasi Lemak

Nasi Lemak, the aromatic rice dish from Malaysia; also popular in Singapore. Fragrant rice cooked with coconut milk; accompanied with fried chicken, egg, peanut-anchovy, lady finger, cucumber and red chili sauce. This one-dish meal is plated on a luxurious ceramic plate.Nasi Lemak, the aromatic rice dish from Malaysia; also popular in Singapore. Fragrant rice cooked with coconut milk; accompanied with fried chicken, egg, peanut-anchovy, lady finger, cucumber and red chili sauce. This one-dish meal is plated on a luxurious ceramic plate. Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Makanan unik Malaysia satu ini pasti sudah sering detikers lihat di kartun-kartun Malaysia. Sama seperti nasi uduk di Indonesia, nasi lemak merupakan menu sarapan jagoan penduduk Malaysia. Hidangan ini terbuat dari nasi nan dimasak dengan santan dan kemudian disajikan dengan lauk pelengkap seperti timun, kacang, ikan teri, telur rebus, dan siraman sambal pedas.

4. Mie Kari

Mie kari termasuk salah satu ragam laksa dengan perpaduan cita rasa dari Asia Tenggara, Cina, dan India nan khas. Sajian dengan cita rasa pedas manis ini mempunyai kuah nan kental lantaran terbuat dari kari dan santan. Meskipun rasanya pekat, kuah mie kari unik Malaysia condong lebih encer dibandingkan sajian kari biasa.

5. Roti Jala

Roti jala alias disebut juga roti renji merupakan camilan roti pendamping kari nan banyak disukai di Malaysia dan Indonesia. Sesuai namanya, corak roti jala terinspirasi dari corak jala ikan. Selain itu, dalam bahasa Malaysia, nama roti renji berfaedah roti nan dibilas.

6. Bubur Cha Cha

Bubur cha cha merupakan sejenis dessert dari santan nan terkenal di area Asia Tenggara apalagi hingga Amerika. Bubur manis ini banyak disajikan di kafe-kafe dengan dilengkapi beragam ragam topping seperti ubi jalar dan butiran bubble dari sagu.

7. Nasi Lemuni

Selain nasi lemak, hidangan nasi asal Malaysia lainnya nan tak kalah terkenal adalah nasi lemuni. Masakan nasi lemuni pertama kali dibuat di wilayah semenanjung utara Malaysia, khususnya di wilayah Kedah dan Penang.

Tidak hanya rasanya nan lezat, kandungan daun lemuni dalam sajian nasi ini berfaedah untuk melancarkan peredaran darah, menyeimbangkan hormon, dan melancarkan pencernaan.

8. Karipap

Karipap merupakan jenis camilan unik Malaysia mirip pastel nan dalamnya diisi dengan kari ayam alias kentang. Kudapan ini dipercaya dibuat oleh masyarakat Melayu di semenanjung Malaya, Sumatera, dan Kalimantan. Kini, camilan karipap banyak dijajakan dengan beragam jenis isi, mulai dari tuna, sarden, hingga isi rendang.

9. Char Kway Teow

Di Singapura dan Malaysia, salah satu menu jajanan kaki lima nan paling digemari tidak lain adalah Char Kway Teow. Jajanan ini biasanya dibuat dengan bihun pipih, udang, telur, kerang, toge, daun bawang, sosis, dan tambahan bahan lainnya. Ada beragam jenis cerita mengenai asal muasal Char Kway Teow, namun banyak nan mempercayai bahwa Char Kway Teow diciptakan oleh organisasi imigran Tionghoa nan menetap di Singapura.

10. Sate Celup

Hidangan terakhir penutup daftar ini ialah sate celup. Sate celup merupakan masakan tradisional Malaysia favorit masyarakat lokal nan terbuat dari daging, seafood, alias sayuran nan dicelupkan ke dalam kuah sate mendidih. Sementara itu, bahan nan digunakan untuk meracik ramuan sate celup adalah kacang tanah, cabe kering, bawang putih, dan gula merah.

Nah, itu dia 10 makanan unik Malaysia terpopuler nan terkenal dengan kelezatannya. Jika berkesempatan datang ke Malaysia, jangan lupa mencobanya ya detikers.

Simak Video "Serba Olahan Sup Ikan Terjangkau di Restoran Ikan Chi Yu Ba"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food