Keren! Rawon Dan Soto Betawi Peringkat Atas Sup Terenak Di Dunia

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Sebuah kebanggaan bagi suatu negara ketika hidangan tradisionalnya dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Contohnya seperti rawon dan soto Betawi.

Kehadiran Taste Atlas sebagai website kurator beragam makanan di bumi asal Zagreb, Kroasia begitu menghibur para foodies. Daftar makanan terenak, rekomendasi tempat makan, hingga beragam kebenaran unik mengenai hidangan menjadi referensi nan menarik nan dihadirkan oleh Taste Atlas.

Belum lama ini, Taste Atlas merilis 100 sup terenak di bumi nan dikurasi dari hidangan sup tradisional di beragam negara. Setiap negara seolah bersaing untuk mendapat tempat terbaiknya dalam daftar tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Uniknya, ada dua sup pada ranking atas nan seolah menjadi angin segar bagi Indonesia. Dilansir melalui Taste Atlas (15/4) rawon dan soto Betawi tertulis paling atas dalam daftar makanan terenak tersebut.

Baca juga: Ani Soka Penjual Nasi Viral Usai Live Bareng Nikita Mirzani, Ini Kegiatannya

Keren! Rawon dan Soto Betawi Peringkat Atas Sup Terenak di DuniaRasa rawon nan unik membikin Taste Atlas menobatkannya menjadi sup terenak di dunia. Foto: Taste Atlas

Pada ranking nomor 1 ada rawon nan dituliskan berasal dari Surabaya, Indonesia. Disebutkan bahwa hidangan rawon asal Jawa Timur mempunyai cita rasa nan unik.

Rawon, dalam Taste Atlas, dideskripsikan sebagai hidangan berbahan daging sapi nan dimasak secara perlahan. Diracik dengan ramuan dan rempah tradisional dari Indonesia ada penggunaan bahan unik nan menjadi perhatian Taste Atlas.

Warna hitam kuah rawon nan menggunakan kluwek dianggap lebih spesial daripada sup di tempat nan lain. Rasanya nan sedikit masam dan mlekoh membikin rawon ditempatkan sebagai sup terenak di dunia.

Selanjutnya ada Soto Betawi nan hendak menyusul rawon dalam daftar ini. Soto Betawi mengisi urutan kedua mengalahkan Boro-boro dari Paraguay, Ramen dari Jepang, dan Sopa de Lima dari Mexico.

Keren! Rawon dan Soto Betawi Peringkat Atas Sup Terenak di DuniaPada ranking dua disusul oleh soto Betawi nan creamy berempah. Foto: Taste Atlas

Soto Betawi dideskripsikan sebagai hidangan sup nan creamy dan berempah. Apalagi ditambah dengan beragam tambahan pelengkap seperti tomat, daun bawang, kecap manis, hingga emping nan citarasanya sebagai kerupuk disebut unik.

Di Jakarta, kota asalnya, Soto Betawi memang mempunyai tempat tersendiri di lidah dan hati penggemarnya. Penjualnya tersebar mulai dari warung makan rumahan, penjual kaki lima, hingga restoran berbintang tak mau kalah menyajikan soto Betawi andalannya.

Masuknya rawon dan soto Betawi dalam daftar sup terenak di bumi jenis Taste Atlas semakin membuktikan kekayaan kuliner Indonesia. Sebelumnya beberapa hidangan Indonesia juga ada nan bisa bertengger pada daftar makanan terenak lainnya.

Misalnya siomay nan masuk dalam 100 dumpling terenak di bumi mengalahkan gyoza dan kuotie. Adalah sebuah kebanggaan ketika hidangan tradisional di negara sendiri dapat dihargai oleh masyarakat dunia.

Simak Video "Rasa Autentik Rawon Bar dengan Sentuhan Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food