Reaksi Bule Swedia Lihat Harga Produk Impor Di Indonesia

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Seorang bule asal Swedia terkejut memandang harga-harga produk impor dari negaranya nan dijual di Indonesia. Mulai dari nilai keju hingga yogurt.

Perbedaan nilai produk makanan dan minuman di setiap negara bisa terjadi lantaran banyak faktor. Mulai dari rantai pengedaran hingga perubahan nilai tukar mata uang.

Termasuk nilai produk impor nan ada di pasaran Indonesia. Saking tingginya nilai produk impor, membikin bule asal Swedia terheran-heran.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lewat video TikToknya @fred_ajah (03/03/24) laki-laki nan merupakan pembuat konten tersebut memperlihatkan reaksinya ketika memandang produk impor di supermarket Indonesia.

Reaksi Bule Swedia Lihat Harga Produk Impor di IndonesiaReaksi Bule Swedia Lihat Harga Produk Impor di Indonesia Foto: TikTok @fred_ajah

Terlebih pada produk asal negaranya sendiri. Ia memperlihatkan produk keju merek Gouda nan dibanderol Rp 80.000. Menurutnya, merek keju tersebut nan paling murah di Swedia.

"Produk Swedia, ini keju paling biasa di Swedia. Harganya Rp 80.000. Di Swedia paling Rp 20.000. Ini tuh keju nan paling murah, rasanya hambar," ujarnya dalam video.

Tak hanya itu, dia juga terkejut dengan nilai yogurt bungkusan kecil. Yogurt tersebut dibanderol sekitar Rp 20.000. Sementara menurutnya dengan ukuran nan mini harganya cukup Rp 5.000.

"Satu lagi, masa yourt mini nyaris Rp 20.000, semestinya Rp 5.000. Padahal dari Prancis juga," ujar Fred lebih lanjut.

Reaksi Bule Swedia Lihat Harga Produk Impor di IndonesiaReaksi Bule Swedia Lihat Harga Produk Impor di Indonesia Foto: TikTok @fred_ajah

Tak hanya mereaksi nilai produk impor di Indonesia, Fred juga memberikan reaksinya terhadap nilai buah-buahan dari Indonesia nan dijual di supermarket Swedia.

"Biar imbang, ini produk-produk Indonesia nan sangat mahal di Swedia," ujarnya dalam video nan berbeda (03/04/24).

Pertama ada buah markisa nan dibanderol Rp 75.000 per kilogram di supermarket Indonesia, sementara jika di supermarket Swedia harganya bisa mencapai Rp 275.000.

@fred_ajah Part 2, biar cinta kita terbalaskan 🥰 ini dia kesamaannya produk2 Indo nan mahal di Swedia dan menyenangkan saya di Indonesia 😌 Jangan salfok sama kemeja ku ya 😂 #impor #ekspor #buah #buah2an #seimbang #harga #markisa #mangga #buahnaga ♬ In the Mood - Glenn Miller

Kemudian ada buah naga nan harganya mencapai Rp 75.000 di supermarket Swedia, sementara di Indonesia hanya Rp 23.000 per kilogram.

Tak ketinggalan buah mangga nan dibanderol Rp 80.000 di Swedia, sementara di pasaran Indonesia harganya Rp 30.000 per kilogram. Videonya pun viral dan menuai banyak komentar.

"Kalau di pasar bisa lebih murah lagi. Bahkan ada nan Rp 10.000 per kilogram itu mangga jika di pasar Induk," tulis netizen.

"Ya gimana ya, mata duit aja udah beda, terus pasti produk dari negara satu ke negara lain pasti repot gak sih urusan ini dan itunya, jadi yaudahlah," tulis netizen lainnya.

Simak Video "Sanksi Tegas Bagi UMKM nan Abaikan Sertifikasi Halal"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food