7 Buah Anti Pikun Untuk Bantu Tingkatkan Daya Ingat Dan Fokus

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Sebagai pusat kendali tubuh, kesehatan otak kudu dijaga dengan baik. Salah satu caranya ialah dengan memperhatikan makanan nan dikonsumsi.

Berdasarkan penelitian, dilansir Mayo Clinic, asupan makanan mempengaruhi keahlian otak, terutama kegunaan memori. Itu artinya, apa nan kita makan bisa berpengaruh terhadap daya ingat, tingkat konsentrasi, maupun pengaruh pikun seiring bertambahnya usia.

Kita tentu tidak mau keahlian otak menurun, bukan? Pola makan sehat bisa diterapkan untuk menghindarinya. Konsumsi buah-buahan disebut bisa meningkatkan memori dan bantu cegah pikun, baik pada orang lansia maupun usia muda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kira-kira, apa saja buah untuk cegah pikun dan meningkatkan daya ingat?

Buah Anti Pikun untuk Tingkatkan Daya Ingat

Dari sekian banyak buah, beberapa di antaranya dapat bantu memaksimalkan memori dan mencegah pikun. Ada apa saja? Berikut daftar buah anti pikun:

1. Semangka

Semangka termasuk buah nan jadi sumber likopen. Likopen merupakan antioksidan nan dapat melawan stres oksidatif akibat radikal bebas nan merusak sel. Senyawa ini dapat meminimalisir akibat terkena penyakit Alzheimer nan menyebabkan penurunan daya ingat.

Likopen terbanyak ada pada semangka merah. Jenis semangka ini mengandung lebih banyak antioksidan daripada varietas kuning alias oranye.

2. Alpukat

Sebagai sumber lemak tak jenuh tunggal nan sehat, buah alpukat bantu menjaga kesehatan otak. Konsumsi jenis lemak ini bisa menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, akibat penurunan kognitif juga dapat dihindari dan kegunaan memori dapat meningkat.

Perlu diingat, alpukat juga mesti dikonsumsi dalam jumlah wajar. Karena asupan lemak tak jenuh tunggal nan terlalu banyak bukan malah menyehatkan tapi justru membahayakan kesehatan.

3. Jeruk

Jeruk kaya bakal vitamin C. Dilansir Healthline, nutrisi ini dapat menjaga kesehatan otak dengan melawan radikal radikal bebas perusak sel otak. Dengan begitu, keahlian dan keahlian otak bisa terlindungi.

Dalam sebuah penelitian juga, vitamin C nan tinggi dalam darah dikaitkan dengan peningkatan daya fokus, memori, dan perhatian.

4. Anggur

Anggur adalah sumber resveratrol ialah antioksidan kuat nan dapat meningkatkan daya ingat. Buah anggur varietas concord berwarna biru gelap keunguan juga tinggi polifenol nan bisa memaksimalkan kegunaan otak secara keseluruhan.

5. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, bluberi, blackberry, dan murbei, kaya bakal antioksidan. Senyawa antioksidan di dalamnya, meliputi antosianin, masam caffeic, katekin, dan quercetin.

Tak sedikit penelitian menyebut buah beri sebagai makanan nan bagus untuk otak. Karena, antioksidannya dapat meningkatkan kesehatan otak dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

6. Kurma

Buah kering seperti kurma dapat pula memaksimalkan kegunaan otak. Dikutip dari Times of India, kurma kaya bakal serat dan sejumlah nutrisi krusial lain.

Gula alami dalam buah ini bisa memberikan dorongan untuk energi. Di sisi lain, kandungan seratnya memastikan pelepasan daya nan stabil dan menjaga otak tetap fokus. Kurma juga berkedudukan sebagai antioksidan nan melindungi otak dari stres oksidatif.

7. Kismis

Anggur segar nan dikeringkan sehingga menjadi kismis juga pilihan baik untuk meningkatkan memori. Buah kering ini padat bakal nutrisi seperti unsur besi, potasium, dan antioksidan.

Dengan kandungannya itu, kismis menjaga agar aliran darah tetap sehat serta memastikan pasokan oksigen cukup untuk otak. Hasilnya, kegunaan kognitif otak dan daya ingat jadi tetap optimal.

Nah, itu dia sederet buah "anti pikun" nan dapat cegah sering lupa dan meningkatkan memori serta fokus.

Simak Video "Icip-icip Buah Salju di Kintamani"
[Gambas:Video 20detik]
(azn/fds)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food