Di Kampung Kue Surabaya Ada 68 Penjual Ragam Kue Tradisional

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Surabaya -

Di Surabaya, foodies pencinta kue wajib kampir ke Kampung Kue. Di satu wilayah ini berjejer ibu-ibu nan menawarkan kue homemade. Jenisnya didominasi kue tradisional.

Kampung Kue Surabaya bisa disambangi di Jalan Rungkut Lor Gang II. Penggagasnya adalah Choirul Mahpuduah alias nan berkawan disapa Irul. Ia bercerita sejarah Kampung Kue ini berdiri ialah usai dirinya kena PHK dan aktif menyuarakan tentang rumor ketenagakerjaan.

Saat itu, usai perjuangannya pada tahun 1990-an untuk melawan ketidakadilan pada buruh, Irul merasa dirinya prihatin dengan ibu-ibu dan wanita di sekitarnya nan tidak mempunyai kesibukan nan produktif.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Akhirnya, dia pun mencoba mencari langkah agar ibu-ibu ini bisa produktif sekaligus ikut menggerakkan roda perekonomian.

Menilik Kampung Kue Rungkut Lor SurabayaKampung Kue Berlokasi di di Jalan Rungkut Lor Gang II. Foto: Rifki Afifan Pridiasto

"Akhirnya melakukan pemetaan investigasi, pertama ada nan buat kue. Wah ini jika semua buat kue bakal lebih bagus. Akhirnya, Bu Irul mengkomunikasikan, membujuk ibu-ibu untuk melakukan pelatihan. Akhirnya, orang-orang nan membikin kue bertambah sampai sekarang ada 68 orang nan berjualan," kata Irul saat dijumpai detikJatim, Rabu (24/4/2024).

Pada 2022, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pun berjamu ke Kampung Kue. Ini sekaligus penanda bahwa keberadaan Kampung Kue diakui sebagai wisata kuliner.

"Diresmikannya Kampung Kue secara otomatis orang mengakui bahwa di sini kampung kue. Bu Risma pernah datang, kemudian 2022 Eri Cahyadi datang. Kampung Kue akhirnya dijadikan kampung wisata kuliner pada 8 Februari 2022," ujar Irul.

Kue nan dijual di Kampung Kue ini pun beraneka macam. Sebagian besar merupakan kue tradisional seperti putu ayu, risoles, lemper dan pisang landak. Saat berjamu ke Kampung Kue, sepanjang mata memandang, nyaris semua penduduk di kompleks ini membikin dan menjual kue.

Di sepanjang lorong, terlihat ibu-ibu nan sedang menggoreng dan membungkus kue buatannya. Di perspektif lorong lainnya, terlihat pula para ibu nan mulai menata meja sebagai tempat mereka menjajakan kue dan mulai menata kue buatannya.

Menilik Kampung Kue Rungkut Lor SurabayaAneka kue tradisional dapat ditemui di Kampung Kue Surabaya. Foto: Rifki Afifan Pridiasto

Geliat perekonomian di Kampung Kue ini berputar sejak pagi. Mulai pukul 03.30 WIB, aroma unik jajanan mulai dari gorengan hingga kue tradisional sudah tercium. Para pembeli pun berdatangan untuk memborong beragam kue favorit mereka.

Biasanya pukul 09.30 WIB, kue-kue di sini sudah ludes diburu para pembeli. Jadi buat detikers nan tertarik mengunjungi dan memborong kue di sini, pastikan datang pagi-pagi, ya!

Artikel ini sudah tayang di detikjatim dengan titel "Belasan Tahun Berdiri, Kampung Kue Eksis Jadi Wisata Kuliner di Surabaya"

(adr/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food