5 Restoran Legendaris Indonesia Yang Usianya Lebih Dari 100 Tahun

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Di Indonesia ada banyak tempat makan legendaris nan sudah buka sejak era kolonial. Bahkan sederet restoran ini usianya lebih dari 1 abad!

Bisnis kuliner rupanya sudah menjadi bagian nan begitu menguntungkan sejak era dahulu. Banyak pelaku upaya nan telah mendirikan upaya kulinernya sejak silam dan tetap memperkuat hingga sekarang.

Tempat makan ini kemudian dikenal sebagai restoran dan warung legendaris nan terus diburu penggemarnya. Tak hanya dikelola secara turun temurun tetapi pengguna nan datang juga turun temurun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada beberapa tempat makan legendaris di Indonesia nan tercatat usianya sudah lebih dari 100 tahun alias 1 abad. Selama masa operasionalnya tersebut, konon rasanya tak pernah berubah sejak pertama kali pintunya dibuka.

Baca juga: Pemilik Restoran Ini Viral Gegara Aksinya Mirip 'Karen's Diner'

Berikut ini 5 restoran di Indonesia nan usianya lebih dari 100 tahun:

5 Restoran Legendaris Indonesia nan Usianya Lebih dari 100 TahunWarung kopi nan telah beraksi sejak 1922 ini menjadi kebanggaan penduduk Tanjung Pandang, Belitung. Foto: Istimewa

1. Warung Kopi Ake

Berlibur ke Tanjung Pandan, Belitung, ada warung kopi legendaris nan tak boleh dilewatkan. Namanya Warung Kopi Ake nan konon telah buka sejak tahun 1922.

Seluruh komponen dari warung kopi ini dipertahankan seasli mungkin. Mulai dari letak hingga style penyajian kopinya tak pernah berubah sejak 102 tahun silam.

Kedia kopi ini awalnya didirikan oleh sosok berjulukan Abok nan kemudian diturunkan oleh anak cucunya. Kini warung kopi jagoan masyarakat Tanjung andang dikelola oleh keturunan dari Ake, cucu Abok.

2. Waroeng Jadoel

Saking lamanya beroperasi, pemilik Waroeng Jadoel di Temanggung ini tak ingat tahun berapa pertama kali buka. Menurut pelanggannya, tempat makan ini ditaksir telah beraksi sejak sekitar tahun 1800an.

Ada semboyan unik nan dihadirkan oleh tempat makan bergaya rumahan ini. "Cita Rasa Melegenda Sedari Jaman Belanda" begitu langkah pemilik warung menuliskan bukti kelegendarisannya.

Konon rasa makanannya tak pernah berubah sejak era dahulu. Konsep tempat makan prasmanan dengan menu-menu unik rumahan Jawa Tengah ini apalagi tetap membanderol lauk pauknya mulai dari Rp 1.000.

Restoran nan berumur lebih dari 100 tahun lainnya ada di laman berikutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food