5 Fakta White Coffee, Kok Bisa Kopi Putih Warnanya?

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Selain jenis kopi arabika dan robusta, ada juga jenis kopi lain berjulukan white coffee. Kok bisa kopinya berwarna putih? Ini faktanya.

Kopi awamnya mempunyai warna hitam nan pekat. Proses pemanggangan biji kopi membikin biji kopi nan awalnya berasal dari buah bakal mempunyai warna cokelat hingga kehitaman.

Tetapi ada juga jenis biji kopi nan dikenal sebagai white coffee alias kopi putih. Bahkan nama white coffee juga digunakan untuk merek kopi bungkusan nan menyatakan bahan utamanya adalah kopi putih.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ternyata kopi putih bukan berfaedah biji kopinya berwarna putih. Ada beberapa kebenaran nan menarik untuk diketahui tentang racikan kopi putih nan segar.

Baca juga: 5 Bisnis Chef Arnold nan Dipukul KO Codeblu, Ada Kolaborasi dengan Gibran

Berikut ini 5 kebenaran kopi putih nan dilansir melalui Sprudge:

5 Fakta White Coffee, Kok Bisa Kopi Putih Warnanya?Kopi putih rupanya pertama kali diinisiasi oleh masyarakat Yaman. Foto: Getty Images/FG Trade

1. Asal mula kopi putih

Kehadiran kopi putih rupanya berasal dari Yaman. Menurut catatan sejarahnya saat itu ada style tradisional unik Yaman nan mempengaruhi penyajian kopi hingga menghasilkan kopi putih.

Biji kopi hanya bakal dipanggang secara manual dan sederhana di rumah-rumah warga. Selain itu proses pemanggangannya juga dilakukan berbareng biji-bijian dan rempah-rempah lain.

Kopinya tidak dipanggang sampai betul-betul menghitam, warnanya tetap muda dan terang. Ditambah dengan pemanggangan berbareng rempah membikin rasa kopi putih unik Yaman ini lebih kaya rasa dan aromanya.

2. Citarasa kopi putih

Jika merujuk pada rasa kopi putih secara umum nan disajikan di bumi tentu ada sentuhan nan khas. Kopi putih alias white coffee mempunyai sentuhan kacang, sedikit beraroma herbal, serta ada hint mirip karamel.

Aslinya kopi putih hanya disajikan begitu saja. Jika mau ditambahkan pemanis biasanya hanya mengandalkan gula batu alias pemanis alami lainnya.

Tetapi setelah dipopulerkan oleh oleh perusahaan asal Amerika Serikat berjulukan Dutch Bros, kopi putih diciptakan lebih kaya rasa. Ada kopi putih jenis chai latte, ditambah susu breve, hingga diracik dengan susu oat.

Fakta kopi putih lainnya ada di laman berikutnya.

Simak Video "Anjuran Kopi dan Teh Tak Dikonsumsi saat Sahur"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food