Kacau! Restoran Ini Kena Denda Rp 35 Juta Gegara Bikin 132 Orang Sakit

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Sebuah restoran di Singapura tengah menarik perhatian lantaran 132 pengguna sakit perut usai makan di sana. Restoran ini pun dikenakan denda Rp 35 juta.

Saat makan di restoran, pengguna tentu punya ekspektasi tinggi untuk mendapat pengalaman berbobot di sana. Entah lantaran makanannya enak, pelayanannya baik, alias lantaran suasana restoran nan nyaman.

Sayangnya, tidak semua pengguna mendapat pengalaman seperti nan diharapkan. Terkadang, ada pengguna nan pulang dengan rasa kecewa lantaran makanan dan pelayanannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tidak sekadar lantaran rasa makanan dan fasilitas. Parahnya lagi, ada juga pengguna nan pulang dari restoran dengan kondisi kesehatan nan jelek akibat makanan nan dimakan di sana.

Pengalaman tidak menyenangkan ini sempat dialami oleh para pengguna nan makan di restoran Burger & Lobster's Singapura.

Sejak Mei 2022 lalu, Singapore Food Agency (SFA) telah menerima laporan mengejutkan dari restoran tersebut. Dikabarkan, sebanyak 132 orang nan menikmati makanan dari Burger & Lobster's di Jewel Changi Airports mengalami masalah kesehatan, lapor stomp.straittimes.com (12/04).

Bahkan, 5 diantaranya masuk ke rumah sakit akibat masalah ini. Pelanggan nan terkena penyakit gastritis ini pun mengalami gejala, seperti muntah-muntah, diare, dan kram akibat jangkitan kuman dari makanan.

Kacau! Restoran Ini Kena Denda Rp 35 Juta Gegara Bikin 132 Orang SakitRestoran ini terkena denda gegara telah menyebabkan 132 orang sakit setelah makan di sana. Foto: Stomp.straitstime.com / Google

Akibat laporan tersebut, Kementerian Kesehatan Singapura berbareng dengan Singapore Food Agency melakukan investigasi. Mereka menemukan beberapa pelanggaran keamanan pangan di restoran tersebut.

Mulai dari tata ruang restoran nan buruk, ubin dapur nan retak, penggunaan oven dan pemanggang roti nan kotor, dan kegagalan mempekerjakan petugas kebersihan di restoran tersebut.

Oleh karena itu, operasional upaya makanan mereka dihentikan sejak 16 Mei sampai 5 juli 2024, demi kepentingan kesehatan masyarakat.

SFA juga mengarahkan pemegang lisensi restoran untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Pemegang lisensi ini juga perlu mengambil tindakan untuk meningkatkan praktik keamanan pangan dan kebersihan lokasinya.

SFA telah bertindak membenahi masalah di restoran ini. Mulai dari meningkatkan semua operator pangan untuk memastikan tempat bersih dan terawat, sampai memberikan staf training memadai.

Atas masalah ini, Burger & Lobster's Restaurant pun dikenakan denda. Menurut peraturan Singapura, mereka nan terbukti melanggar Peraturan Kesehatan Masyarakat Lingkungan dapat didenda hingga $2.000 (Rp 23 juta).

Kacau! Restoran Ini Kena Denda Rp 35 Juta Gegara Bikin 132 Orang SakitRestoran ini berlokasi di Jewel Changi Airport. Foto: Stomp.straitstime.com / Google

Dalam kasus pelanggaran berkelanjutan, sebuah upaya restoran bisa dikenakan denda lanjutan hingga $100 (Rp 1,1 juta) untuk setiap harinya.

Untuk kasus restoran ini pun mereka telah dikenakan denda $3.000 alias setara dengan Rp 35 juta.

Burger & Lobster's merupakan restoran nan menyajikan beberapa hidangan lobster, hingga burger daging sapi Nebraskan nan lezat. Gerainya nan berada di Jewel Changi Airport sebenarnya terlihat mewah.

Berada di lantai paling atas Bandara Jewel Changi, di mana visitor bisa menikmati pengalaman makan burger dan lobster sembari memandang pemandangan air terjun.
Sayangnya, kondisi dapur di restoran itu tidak sebagus dan sebersih nan dikira.

Simak Video "Menikmati Hidangan Prasmanan Sunda di Resto Pinggir Danau BSD"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food