5 Fakta Saus Pisang, Saus Manis Asam Favorit Orang Filipina

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Saus pisang punya rasa dan sejarah menarik. Bumbu pelengkap ini rupanya sudah ada sejak era Perang Dunia II dan menjadi kegemaran masyarakat di Filiphina.

Terdapat beberapa saus nan datang dan digemari masyarakat dunia. Mulai dari saus tomat, saus sambal, kecap manis, kecap asin, dan tetap banyak lagi.

Di antara saus terkenal itu, ada juga saus nan punya rasa hingga sejarah tidak kalah menarik. Salah satunya saus pisang nan berbeda dengan saus tomat tradisional.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bumbu klasik dengan sentuhan tropis ini juga mendapat ketenaran di bagian dunia, khususnya di Filipina. Saus ini merupakan bahan pelengkap pokok nan kudu ada di dapur-dapur rumah tangga penduduk Filipina.

Warnanya kuning cerah dan rasanya manis tetapi tajam. Saus pisang kerap ditambahkan ke beragam macam hidangan.

Terlepas dari namanya nan unik, banyak kebenaran menarik dari saus pisang ini. Mulai dari asal-usulnya, bahan-bahannya, makna budaya, sampai kegunaannya. Bahkan, saus ini telah membikin penduduk Filipina ketagihan.

Melansir facts.net (07/03), berikut 5 kebenaran menarik dibalik saus pisang!

1. Diciptakan saat Perang Dunia II

Saus pisang adalah ramuan manis dan tajam asal Filipina. Terbuat dari pisang tumbuk, gula, cuka, dan rempah-rempah. Sering digunakan sebagai saus alias ramuan marinasi.

Sejarah di kembali saus ini pun sangat menarik. Selama Perang Dunia II, Filipina kekurangan pasokan tomat. Masyarakat akhirnya menciptakan saus pisang sebagai alternatif.

Dengan logika dan kecerdikan, orang-orang beranjak dari saus tomat ke pasokan pisang nan melimpah. Solusi inovatif ini tidak hanya mengatasi kelangkaan tomat, tetapi juga memunculkan saus alias ramuan baru nan berujung punya cita rasa tersendiri.

2. Simbol kepintaran masyarakat Filipina

5 Fakta Saus Pisang, Saus Manis Asam Favorit Orang FilipinaSaus pisang disebut juga sebagai simbol kepintaran orang Filiphina. Foto: istimewa

Terciptanya saus pisang merupakan salah satu bukti kepintaran dan produktivitas masyarakat Filipina.

Dalam menghadapi kesulitan, mereka mengubah kelangkaan tomat menjadi kesempatan berinovasi dan mengembangkan ramuan nan telah menjadi bagian krusial dan warisan kuliner mereka.

Saus pisang pun akhirnya melambangkan ketahanan dan keahlian beradaptasi orang Filipina, sekaligus mencerminkan kekayaan, budaya, dan masakan Filipina.

Bahan dasar saus pisang hingga cita rasanya bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Simak Video "Mengintip Kafe Seni Bernuansa Picasso di Irak"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food