Uniknya Buah Salju, Buah Istimewa Yang Harus Dicoba Saat Ke Kintamani

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Bangli -

Buah salju banyak ditemukan di Bali ialah di Bedugul, Tabanan dan Kintamani, Bangli. Disebut salju lantaran bagian daging buahnya banget lembut dan memberikan sensasi dingin setelah dicicipi. Coba yuk!

Buah salju viral di media sosial setelah banyak diincar di wilayah Bedugul. Kini buah nan corak luarnya serupa kacang tanah itu juga dapat dijumpai di wilayah Kintamani.

Konon pohon dari buah salju ini juga banyak tumbuh di hutan-hutan wilayah Kintamani. Petani setempat mulai menjualnya di pasar lantaran berpotensi mendatangkan pundi-pundi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terbukti, beberapa lapak dadakan mulai bermunculan di sepanjang Jalan Raya Batur-Kintamani. Mereka menawarkan buah nan teksturnya mirip kapas ini sejak pagi hingga sore setiap hari.

Buah salju nan mulai dijual pedagang buah di Kintamani, Bangli, Bali, diminati pembeli, Minggu  (7/4/2024). (Agus Eka/detikBali)Buah salju nan mulai dijual pedagang buah di Kintamani, Bangli, Bali, diminati pembeli, Minggu (7/4/2024). (Agus Eka/detikBali) Foto: Buah salju nan mulai dijual pedagang buah di Kintamani, Bangli, Bali, diminati pembeli, Minggu (7/4/2024). (Agus Eka/detikBali)

Para pedagang ini menjual buah salju seharga Rp 30 ribu per kilogram. Salah seorang pedagang, Nengah Dita (40), menyebut buah salju ini sudah mulai dijual di Kintamani sejak beberapa bulan lalu.

"Ternyata ada pohonnya di sekitar sini, tapi tidak banyak. Dulu sempat viral buah ini di Bedugul. Sekarang di sini sudah ada nan jual," kata Nengah Dita saat ditemui di lapak dagangannya, Minggu (7/4/2024) sore.

Pedagang lainnya, Ni Nyoman Sediti, menyebut buah salju merupakan buah musiman. Saat ini, buah salju sedang tumbuh banyak di Kintamani. Karena itu harganya tetap stabil Rp 30 ribu per kilogram.

"Kalau sedikit buahnya, nggak ada nan jual lantaran musiman. Beberapa hari ini dapat lah jualan 70 kilo (kg). Kalau jeruk banyak. Setiap hari jualannya jeruk," kata wanita berumur 59 tahun itu.

Kata wanita asal Kintamani ini, rasa buah salju nan manis sedikit masam ini membuatnya diminati pembeli. Mereka nan merasa asing dengan buah salju bakal penasaran mencicipi.

Buah salju nan sempat viral di media sosial mudah dijumpai di area Bedugul, Bali. Saat di ujung lidah, daging biji tersebut memberi sensasi nan dingin.Buah salju nan sempat viral di media sosial mudah dijumpai di area Bedugul, Bali. Saat di ujung lidah, daging biji tersebut memberi sensasi nan dingin. Foto: Buah salju nan sempat viral di media sosial mudah dijumpai di area Bedugul, Bali. Saat di ujung lidah, daging biji tersebut memberi sensasi nan dingin. (Chairul Amri Simabur/detikBali)

Jika dilihat, buah salju ini mempunyai kulit berwarna hijau kecokelatan. Bentuknya menyerupai kacang tanah, tapi punya tekstur berbulu seperti kain beludru. Namun bagian nan dikonsumsi ada di dalamnya.

Ketika dibelah, ada tiga sampai empat biji seukuran kelereng di dalam buah itu. Sesuai dengan julukannya, tekstur biji buah salju ini lembut seperti kapas. Bagian kulit intipati buahnya sigap lunak saat dihisap.

Rasanya sangat manis berbalut rasa masam nan tipis. Biji ini juga memberikan sensasi nan dingin di ujung lidah. Ternyata buah salju diketahui kaya kandungan dan khasiat.

Dilansir dari detikEdu, buah salju banyak ditemukan di Amerika Selatan. Bahkan sangat terkenal di Peru, Venezuela, dan Kolombia.

Buah ini juga dikenal punya nama lain seperti buah ice cream bean alias inga edulis. Pohon buah salju biasanya tumbuh di wilayah tropis maupun wilayah nan lebih dingin. Salah satunya di Bedugul, Bali.

Buah ini mempunyai kandungan kalori nan rendah. Bahkan kandungan nutrisi 60 kalori dalam 100 gram buahnya. Ada juga kandungan protein, serat, dan karbohidrat sehingga cocok dijadikan pengganti camilan sehat.

Selain itu, buah salju mengandung unsur antioksidan nan baik dalam memperkuat keimunan tubuh. Inti buah ini dilengkapi unsur anti inflamasi nan dapat melawan peradangan. Sangat baik jika buah salju dikonsumsi secara rutin untuk menjaga keimunan tubuh, serta mencegah kanker.

Artikel ini sudah tayang di detikbali dengan titel "Nggak Cuma di Bedugul, Buah Salju Mulai Banyak Dijual di Kintamani"

Simak Video "Icip-icip Buah Salju di Kintamani"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food