Suan Cai Yu Disajikan Porsi Besar, Ini Tips Menyantapnya!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Suan cai yu alias sup ikan ala China ini biasa disajikan dalam porsi besar. Hidangan ini juga dinikmati sebagai makan tengah. Agar lebih nikmat, begini tipsnya!

Salah satu kuliner China nan terkenal belakangan ini adalah suan cai yu. Sup ikan unik China ini biasanya disajikan panas dengan paduan rasa masam segar, asin, dan agak pedas.

Porsi suan cai yu juga sangat besar. Sehingga hidangan ini biasa dinikmati sebagai makan tengah. Semangkuk besar suan cai yu bisa dinikmati 4-6 orang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu restoran nan terkenal lantaran suan cai yu adalah Yaoyao Sauerkraut Fish. Restoran ini sudah buka di Indonesia dan di China sendiri telah mengantongi Michelin Guide Bib Gourmand.

Restoran Suji juga terkenal dengan sajian suan cai yu nan nikmat. Cabangnya sudah banyak tersebar di Jakarta, Bandung, hingga Surabaya.

Untuk menikmatinya, perhatikan tips menyantap suan cai yu berikut ini:

1. Perhatikan Menu

Sebelum memesan perhatikan terlebih dulu menu nan bakal dipesan. Sudah tertera jenis ikan nan digunakan hingga seberapa banyak porsinya.

Biasanya restoran di Indonesia nan menyediakan menu suan cai yu ini mempunyai pilihan jenis ikan berupa gurame dan kerapu. Kalau mau nan nikmat, tentu saja pilihannya ikan kerapu.

Ikan kerapu ini bertekstur lembut dan cita rasanya gurih. Cocok sekali disajikan berbareng kuah sayur asin nan unik rasanya.

Beberapa restoran juga tak hanya menyediakan menu ikan nan langsung direbus berbareng ramuan suan cai yu, tapi ada nan digoreng terlebih dahulu. Seperti ditawarkan restoran berjulukan Suji nan salah satunya berlokasi di Jakarta Selatan.

2. Isian Suan Cai Yu

YaoYaoYaoYao Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Seporsi suan cai yu sudah dilengkapi dengan irisan sayur asin (acar sawi unik China). Daging ikan pada sajian ini juga fillet, jadi tak susah memisahkan duri dan tulangnya.

Pada kedua restoran penyajiannya nyaris mirip. Selain ada sayur asin, suan cai yu juga ditambahkan topping cabe kering nan digoreng dalam minyak panas terlebih dahulu.

Kamu bisa langsung menuangkan suan cai yu ini ke mangkuk masing-masing orang untuk menikmati lezatnya sup ikan nan segar ini. Tambahkan semua kondimennya agar cita rasanya komplet di lidah.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food