Secangkir Rp 5,3 Juta! Kopi Termahal Di Inggris Punya Keistimewaan Ini

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Dibuat alias dipadukan bahan istimewa, nilai beberapa cangkir kopi di bumi bisa jadi sangat mahal. Contohnya secangkir kopi di Inggris ini nan dibanderol Rp 5,3 juta! Apa sih istimewanya?

Pembicaraan kopi termahal di bumi selalu menarik disimak. Sebelumnya secangkir kopi di China dijual sampai lebih dari Rp 10 juta. Kopi ini ditawarkan di Pumpli House, Hangzhou.

Mengutip Asia One (8/11/2023), kopi spesial ini disebut Carmen, terbuat dari biji kopi Geisha nan sukses dilelang dengan nilai tinggi. Kopi Geisha diperkenalkan lewat lelang "Best of Panama" dengan nilai jual USD 10.000 (Rp 154 juta) per kilogram.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada kopi Carmen, penyeduhannya menggunakan 15 gram biji kopi geisha. Inilah argumen utama kenapa nilai secangkir kopi itu mencapai Rp 10 juta.

Dari segi profil rasa, kopi geisha punya keistimewaan. Kopi ini mempunyai jejak rasa buah tropis, peach, dan bergamot.

Secangkir Rp 5,3 Juta! Kopi Termahal di Inggris Punya Keistimewaan IniCoffee shop Shot di Inggris menawarkan ragam jenis kopi spesial dan mahal. Foto: IG shot.london

Terbaru, di Inggris, ada kreasi kopi termahal nan ditawarkan oleh Shot. Jaringan coffee shop ini punya bagian di Mayfair dan Marylebone. Mereka menawarkan secangkir kopi seharga £265 alias sekitar Rp 5,3 juta!

Mengutip LBC UK (18/4/2024), kopi termahal di Inggris ini menggunakan biji kopi nan didatangkan langsung dari wilayah Nakayama, Jepang. Terkenal sebagai pulau awet muda, letak perkebunannya berbasis di Pulau Okinawa.

Di letak tersebut sebenarnya sangat jarang ditanami kopi. Karenanya ketika ada biji kopi nan sukses dipanen, harganya menjadi sangat mahal.

Biji kopi berjulukan typica itu pertama kali diekspor dari pulau tersebut pada tahun 2015. Typica dideskripsikan sebagai jenis biji arabika standar dengan kualitas lebih tinggi dari pada biji arabika lain di sebagian besar coffee shop Inggris.

Menurut perwakilan Shot di Mayfair, Inggris, kopi termahal buatan mereka rasanya sangat nikmat. Kopi tersebut bisa dipesan 2 sampai 3 kali sehari.

Kopi typica bisa diolah menjadi beragam minuman favorit pengunjung. Mulai dari espresso sederhana, macchiato, flat white, americano, cappuccino, hingga latte.

Kalau mau beli sekantong biji kopi typica di Shot juga bisa. Penjualannya via online dengan nilai £1.480 alias sekitar Rp 29,6 juta per kilogram.

Berkat harganya nan banget mahal, para master kopi mencatat biasanya biji kopi itu dibeli bukan untuk dikonsumsi, melainkan disimpan sebagai peralatan koleksi.

Secangkir Rp 5,3 Juta! Kopi Termahal di Inggris Punya Keistimewaan IniSecangkir kopi arabica Jepang dibanderol Rp 5,3 juta di sini. Foto: IG shot.london

Atas kreasi kopi Jepang nan spesial di Inggris ini, barista Inggris terkenal berjulukan Maxwell Colonna-Dashwood berkomentar. "Hampir Hampir tidak ada orang nan menanam kopi di Jepang," ujarnya membuka tanggapan.

Ia melanjutkan, "Kopi biasanya tumbuh di wilayah tropis, di kedua sisi garis khatulistiwa. Sangat susah untuk tumbuh di negara seperti Jepang dan mungkin memerlukan banyak bantuan. Kelangkaan jelas dicari dalam kopi, dan sebagian besar kopi 'mewah' nan diminum orang semuanya adalah kopi arabika."

Typica menjadi primadona lantaran ditanam di Jepang. Maxwell apalagi belum pernah memandang biji kopi arabika dijual semahal itu.

Jenis kopi typica bukan satu-satunya nan spesial di Shot. Mereka juga menawarkan kopi spesial lain berjulukan 'Savannah Zombie' dan 'St Helena'.

(adr/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food