Sayur Lodeh Enak Ala Chef Yongki Gunawan, Ini Tips Bikinnya!

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Sayur lodeh terbuat dari campuran jenis sayuran nan diberi kuah santan gurih. Chef Yongki Gunawan mengungkapkan tips masak sayur lodeh agar terasa nikmat.

Chef Yongki Gunawan baru saja melakukan cooking demo berbareng ramuan instan Munik (26/4). Beliau menunjukkan beberapa resep masakan rumahan andalannya, salah satunya sayur lodeh.

Sayur lodeh buatan chef Yongki Gunawan menggunakan racikan ramuan dasar kuning dari Munik. Tak hanya itu, tapi juga ditambahkan irisan bawang merah, cabe merah besar, dan cabe hijau besar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa tips memasak sayur lodeh juga dibagikan oleh chef Yongki Gunawan pada sesi cooking demo. Mulai dari pemilihan sayur hingga kuah sayur lodeh.

Pilih Jenis Sayuran

Tinggi Antioksidan, Ini 7 Manfaat Labu Siam untuk Jantung dan PencernaanLabu Siam Foto: Getty Images/iStockphoto/chengyuzheng

Sayur lodeh terdiri atas beberapa jenis sayuran nan dimasak menjadi satu. Umumnya ada labu siam dan kacang panjang. Begitu juga dengan chef Yongki nan juga menggunakannya.

Selain itu, chef Yongki juga menggunakan nangka muda. Agar teksturnya tak keras, nangka itu dikukus terlebih dulu hingga warnanya berubah kemerahan. Nangka nan telah dikukus itu menjadi lembut, ketika dicampurkan dengan sayuran lainnya menambah tekstur nan nikmat.

"Saya pakai nangka, biar lebih enak. Biasanya kan orang itu langsung masukin nangka muda bareng sayuran lain ya, jika saya dikukus dulu. Jadi sampai kemerahan terus teksturnya lembek, baru masukkan ke panci," kata chef Yongki Gunawan.

Bumbu Sayur Lodeh

Untuk ramuan sayur lodeh juga sangat mudah. Agar lebih praktis, beliau menggunakan ramuan dasar kuning dari Munik. Ia menggunakan sebanyak 150 gram ramuan dasar kuning, lantaran porsi nan dimasak banyak.

Selain ramuan dasar kuning, dia juga menambahkan irisan bawang merah, cabe merah, dan cabe hijau besar. Semua ramuan ini ditumis terlebih dulu hingga layu dan mengeluarkan aroma wangi. Ia juga menambahkan lengkuas dan daun salam.

Kuah Sayur Lodeh

Manfaat Kaldu Tulang untuk Kesehatan Kulitkuah kaldu tulang Foto: Getty Images/iStockphoto

Kuah sayur lodeh bersantan gurih, tapi chef Yongki mengkreasikannya berbeda. Karena, dia menambahkan tulang ayam kampung ketika merebus airnya.

"Biasanya kan hanya air biasa aja ya, sebenarnya itu nggak salah. Rasanya tetap gurih, lantaran pakai santan," ujar chef Yongki Gunawan.

"Cuma jika Yongki biasanya ditambahin tulang ayam, saya pakai ayam kampung ya. Biar lebih ngaldu dan gurihnya juga nendang. Bukan ayam kampung juga bisa, lezat juga pakai tulangan sapi," jelasnya.

Penggunaan santan pada kuah sayur lodeh juga diperhatikan. Gunakan santan nan kental, masukkan setelah air mendidih. Setelah dimasukkan kudu terus diaduk agar santan tak pecah.

Simak Video "Akhir Tahun Cooking Class Bersama Chef Yongki"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food