Sate Taichan: Hidangan Pedas Yang Menggoda Selera

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
sate taichan kuliner kotailustrasi sate taichan. sumber foto: instagram.com/satetaichanbangyoyo

Sate taichan, merupakan hidangan sate nan terbuat dari ayam dan proses pembuatannya dengan langkah dibakar, sehingga menghasilkan warna putih. Sajian sate ayam ini menawarkan sensasi rasa nan berbeda dari sate pada umumnya, dengan karakter khasnya nan tanpa ramuan kacang dan kecap ditambah dengan sambal gurih. Sobat Kuliner, yuk kenali beberapa perihal seputar taichan melalui tulisan ini!

Sejarah Awalnya Sate Taichan

Sebenarnya mengenai asal mula sate ini tetap belum diketahui secara pasti. Ada nan mengatakan jika merupakan penyesuaian dari sate yakitori asal Jepang. Namun, ada juga berasal dari salah satu gerai taichan di Senayan, Jakarta sekitar tahun 2016. 

Konon, ada seorang penjual sate melakukan bereksperimen dengan membakar daging ayam tanpa ramuan kacang dan kecap. Makanan ini hanya dibumbui dengan garam dan jeruk nipis. Sajian ini kemudian banyak orang nan menyukainya dan popularitasnya pun tetap memperkuat hingga saat ini.

Ciri Khas Sate Taichan

Berikut merupakan beberapa karakter nan menjadi unik dari sate jenis ini nan bisa jadi pembeda dengan sate lainnya:

Bumbunya Tidak Menggunakan Kacang dan Kecap

Tidak adanya kedua bahan pada ramuan inilah nan jadi kekhasannya. Adapun bumbunya hanya ialah hanya garam, jeruk nipis, dan bawang putih. Kalaupun ada kecap, biasanya  sebagai saus cocolan. 

Terdapat Sambal Pedas Gurih

Kalau sate lainnya menggunakan ramuan kacang. Tapi jika pada sate ini disajikan dengan sambal pedas gurih nan terbuat dari cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat.

Kalori Lemaknya Lebih Sedikit dari Sate Biasa

Karena pembuatannya dengan langkah dibakar dan tidak terbalur dengan sausnya. Makanya jumlah kalori lemaknya lebih sedikit, apalagi untuk satu porsinya saja (10 tusuk sate) sebanyak 360 kalori. Sedangkan sate ayam biasa bisa mencapai sekitar 680 kalori. Meski begitu tetap batasi dan jika bisa cek kadar kolesterol setelah mengkonsumsinya.

Baca Juga: Resep Sate Kambing Enak dengan Bumbu Kacang Ala Rumahan

Contoh Sate Taichan nan Terkenal

Kehadiran sate taichan membikin menjamurnya beberapa gerai sate serupa di beberapa kota di Indonesia. Ada beberapa contoh berikut ini nan menjadi bukti suksesnya:

Sate Taichan Bang Ocit 87 Senayan

Warga Jakarta pasti sudah familiar dengan taichan satu ini, gerai ini sudah muncul sejak awal munculnya sate taichan di Jakarta, apalagi Bang Ocit sudah berdagang sejak tahun 2012 saat belum banyak orang nan mengenal makanan ini.

Hampir setiap hari selalu antri pengunjung, makanya ada waktu nan disarankan ialah sebelum jam 8 malam. Justru semakin malam, semakin ramai dan telat sedikit kudu menunggu lantaran tidak kedapatan meja. Letaknya berada di Jalan Simprug Golf 2, Kav. 63, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Sate Taichan Goreng

Bagi nan mengikuti perkembangan selebgram Rachel Vennya, sudah tidak asing dengan warung sate taichan. Saat itu lantaran Rachel dan Niko (kini mantan suaminya), memanfaatkan kesempatan ini untuk mendirikan restoran tersebut, Taichan Goreng tahun 2016.  Bahkan justru mereka berdualah nan menjadi pelopor lahirnya ragam taichan goreng. 

Terdapat beberapa ragam menu taichan, seperti mozzarella dan wings (sayap ayam ramuan taichan). Outlet pertamanya ada di Tebet, Jakarta Selatan. Sempat dikabarkan ambruk seiring dengan perceraian mereka namun gerai ini tetap beraksi dan sudah pindah letak nan tetap berdekatan dengan letak nan lama. Alamatnya saat ini berada di Jalan Tebet Raya No.73.

Selain kedua gerai tersebut, adapun rekomendasi  lainnya, antara lain Taichan Senayan, Bang Dul, Bang Yoyo, dan tetap banyak lagi. 

Baca Juga: 40 Tempat Makan di Tebet nan Paling Enak dan Recommended

Varian Unik dari Sate Taichan

Para pedagang tidak ada habisnya untuk mengembangkan menu nan mereka jual. Saking kreatifnya apalagi terdapat beberapa jenis unik:

Indomie Taichan

Menu ini terdapat di Sate Taichan Yado, Radio Dalam, Jakarta Selatan. Sebenarnya merupakan indomie goreng biasa nan dibalur dengan sambal taichan. Oh, iya Anda bisa request kepedasannya hingga level 10. Harganya Rp 18 Ribuan saja.

Sate Taichan dengan Daging Sapi

Umumnya menggunakan daging ayam, namun Sate Obat Lapar Cak Toha nan terdapat di Cibubur justru menyajikannya dengan daging sapi. Harganya Rp 35 Ribu per porsi.

Tips Menikmati Sate Taichan

Berikut adalah beberapa tips untuk menikmati sate taichan agar semakin sedap dan membikin Anda ketagihan:

Pilih Daging Ayam nan Segar

Pilihlah daging ayam nan segar dan warnanya tetap merah muda. Boleh sekalian untuk mencium aromanya tapi baiknya izin terlebih dulu kepada penjualnya. 

Minta Tingkat Kematangan Sesuai Selera

Layaknya masakan daging lainnya, Anda bebas meminta tingkat kematangan sesuai selera. Apalagi jika sedang dalam rangka diet (mengurangi kalori) alias lebih condong menyukai daging nan matang. 

Cicipi Sambalnya Terlebih Dahulu 

Sambal sate taichan umumnya pedas. Cicipi terlebih dahulu, guna memastikan tingkat kepedasan. Bisa juga Anda tanyakan kepada pegawai saat memesannya. Tujuannya agar pedasnya sesuai dengan nan Anda inginkan. 

Makan dengan Nasi Putih alias Lontong

Hidangan ini juga dapat Anda santap dengan beragam macam pelengkap, seperti acar, bawang goreng, dan kerupuk, apalagi nasi putih alias lontong.

Baca Juga: Resep Sate Kambing Empuk, Enak dan Mudah Dibuat

Nah, itulah info seputar sate taichan! Rasanya nan lezat serta bisa dinikmati oleh semua lapisan, termasuk nan sedang mengurangi kalori. Membuat tetap eksis, meski banyak bermunculan makanan virak kekinian. Dengan popularitasnya nan terus meningkat, sate taichan menjadi pilihan kuliner nan menarik untuk Anda coba.

Selengkapnya
Sumber Kuliner Kota
Kuliner Kota