Kulkasmu Tidak Dingin? Ini 11 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Kulkas adalah salah satu perabot rumah nan cukup penting. Sebab, beragam jenis makanan dan minuman perlu disimpan di lemari es agar bisa memperkuat lama.

Kulkas tidak dingin pun menjadi persoalan nan cukup mengganggu. Jika lemari es tidak dingin, makanan dan minuman di dalamnya bisa lebih sigap membusuk.

Ada beberapa argumen lemari es bisa menjadi tidak dingin. Jangan khawatir, lemari es nan tidak dingin bisa diatasi dengan mudah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Dalam penggunaannya, lemari es bisa mengalami masalah seperti suhunya tidak dingin. Suhu lemari es nan tidak dingin bisa disebabkan oleh beberapa perihal berikut.

1. Masalah Pada Stop Kontak

Mengutip Better Homes & Gardens, kemungkinan pertama penyebab lemari es tidak dingin adalah masalah pada colokan lemari es alias stop kontak. Cobalah memeriksa stop kontak alias aliran listrik nan tersambung pada kulkas. Bisa jadi, colokan terlepas alias tidak terpasang dengan benar.

2. Suhu Kulkas Tidak Diatur dengan Benar

Peraturan suhu lemari es terkadang mudah dilupakan. Cobalah memperhatikan dial termostat untuk mengetahui lemari es diatur pada suhu berapa. Pastikan mengecek suhu termostat lemari es serta freezernya.

Jika suhu terlalu tinggi, turunkan temperatur. Biasanya bakal butuh waktu 24 jam agar suhu di dalam lemari es bisa stabil kembali. Setelah itu, cek kembali apakah lemari es sudah cukup dingin alias belum.

3. Kulkas Terlalu Penuh

Kulkas nan terlalu penuh bakal kesulitan mendinginkan barang-barang di dalamnya. Begitu juga jika makanan dan minuman di dalam lemari es berantakan, proses pendinginan bisa terganggu.

Ternyata, jika lemari es kosong alias nyaris kosong, masalah lemari es tidak dingin juga bisa terjadi, lho. Untuk pendinginan nan optimal, sebaiknya lemari es dibiarkan separuh alias tiga perempat penuh.

4. Ventilasi Udara Tersumbat

Udara dingin nan dihasilkan lemari es kudu bisa masuk ke ruang pada lemari es dan freezer. Jika ventilasi udara tempat udara dingin ini masuk dihalangi oleh makanan alias minuman, proses pendinginan menjadi tidak efektif.

Begitu juga jika ventilasi udaranya tersumbat akibat kotoran, sisa-sisa makanan, alias kembang es, udara dingin bakal susah disalurkan ke seluruh rongga kulkas.

5. Lokasi Kulkas nan Tidak Sesuai

Lokasi tempat lemari es diletakkan juga bisa mempengaruhi keahlian lemari es mempertahankan suhunya. Jika lemari es ditaruh di ruangan nan panas seperti garasi, lemari es bakal menjadi kurang dingin, apalagi jika cuaca mulai panas. Begitu pula jika lemari es diletakkan di dekat pintu alias jendela.

Selain itu, lemari es juga memerlukan sedikit rongga di sisi samping dan belakang agar sirkulasi udara terjaga dengan baik.

6. Kondensor Kotor

Kondensor adalah komponen krusial untuk menjaga lemari es tetap dingin. Kondensor terletak di bagian belakang lemari es sehingga mudah untuk terkena kotoran dan debu. Kondensor nan kotor membikin lemari es kurang bisa mempertahankan suhu dingin.

Jika lemari es tidak dingin, bisa saja masalahnya terletak pada kondensor nan kotor sehingga perlu dibersihkan. Umumnya, kitab pedoman nan disediakan produsen lemari es berisi langkah membersihkan kondensor.

7. Permukaan Tidak Rata

Jika lemari es tidak berdiri di permukaan datar, pintu lemari es mungkin tidak tertutup sempurna sehingga lemari es menjadi tidak dingin. Hal ini bisa ditangani dengan langkah mengatur ketinggian kaki-kaki lemari es agar seimbang.

8. Karet Kulkas Kotor alias Rusak

Pintu lemari es dilapisi oleh karet agar udara dingin dari dalam lemari es tidak keluar. Jika karet pada pintu lemari es terlalu kotor, rusak, alias mulai usang, pintu bisa saja tidak tertutup dengan baik. Udara dingin pun keluar dari lemari es sehingga bagian dalam lemari es menjadi tidak dingin.

Mengutip Bob Vila, ada langkah mudah untuk mengetahui apakah karet lemari es tetap berfaedah dengan baik. Caranya, ambil selembar kertas dan selipkan di antara pintu kulkas. Kemudian, cobalah menarik kertas tersebut.

Jika terasa style tahan saat menarik kertas, itu berfaedah karet lemari es tetap berfaedah dengan baik. Tetapi jika kertas bisa ditarik dengan mudah, itu berfaedah pintu lemari es tidak tertutup sempurna dan ada masalah pada karetnya.

9. Freon Habis

Kulkas memerlukan freon untuk menjaga suhu tetap dingin. Jika isi tabung freon habis, lemari es bakal menjadi tidak dingin. Hal ini bisa disebabkan oleh kebocoran alias kerusakan pada freon.

10. Kipas Evaporator Rusak

Kipas evaporator terletak di bagian belakang kulkas. Mengutip Telco Intercon, fungsinya adalah menarik udara dari kondensor agar hawa panas bisa dibuang dari udara nan bersikulasi ke dalam kulkas. Kipas evaporator juga berfaedah mendistribusikan udara dingin ke lemari es dan freezer.

Sirkulasi udara ini sangat krusial untuk menjaga suhu lemari es tetap dingin. Jika kipas evaporator rusak, suhu lemari es bakal naik.

11. Menyimpan Makanan dan Minuman Panas

Mengutip Wirecraft Electric, sebenarnya lemari es modern tidak bakal langsung rusak jika kita menyimpan makanan alias minuman nan tetap panas di dalamnya. Tetapi, efisiensi daya bakal menurun lantaran lemari es butuh mengeluarkan lebih banyak daya untuk mendinginkan makanan alias minuman tersebut.

Jika terlalu sering memasukkan makanan dan minuman panas ke dalam kulkas, kompresor bakal bekerja ekstra keras dan bisa menjadi aus.

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin

Setelah mengetahui penyebab-penyebab lemari es tidak dingin, berikut langkah mengatasinya.

1. Bersihkan Kulkas Secara Berkala

Bersihkan lemari es dari kotoran dan kembang es nan menempel pada tembok dan ventilasi kulkas. Bunga es bisa dicairkan dengan support dari pengatur suhu di kulkas.

Dengan begitu, sirkulasi udara dingin di lemari es bisa melangkah dengan lancar.

2. Periksa Karet Pintu Kulkas

Salah satu penyebab lain lemari es tidak dingin adalah karet pintu nan kotor alias rusak. Karet pintu nan kotor bisa dibersihkan dengan spons dan air sabun hangat. Jika karet pintu lemari es rusak sehingga pintu tidak tertutup rapat, maka perlu diganti dengan nan baru.

3. Atur Isi Kulkas

Isi lemari es perlu diatur secara berkala agar tidak terlalu penuh alias berantakan. Sisakan ruang kosong pada lemari es agar sirkulasi udara melangkah dengan baik.

4. Periksa Stop Kontak

Stop kontak nan lenggang alias putus bisa menyebabkan lemari es tidak dingin. Pastikan kabel tidak lenggang dan tercolok dengan benar. Jika ada bagian nan putus, sambungkan kabel dengan isolasi alias tukar dengan kabel baru demi keamanan.

5. Posisikan Kulkas di Tempat nan Benar

Posisikan lemari es di wilayah nan tidak terlalu panas alias dingin agar dapat bekerja dengan baik. Hindari meletakkan lemari es di luar ruangan alias dekat pintu dan jendela nan terkena paparan langsung sinar mentari alias udara panas dari luar.

Pastikan juga ada ruang kosong di samping dan belakang lemari es untuk sirkulasi udara.

Itu dia beragam penyebab lemari es tidak dingin dan langkah mengatasinya. Jika cara-cara di atas sudah dicoba dan lemari es tetap tidak dingin, sebaiknya hubungilah jasa servis terpercaya.

Simak Video "Melihat Kemeriahan Kenduri Tumpeng Durian Raksasa di Trenggalek"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food