Haru! Tiktoker Ini Beli Salak Rp 2 Juta Demi Bantu Pedagang Lansia

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Masih banyak orang baik di bumi nan peduli dengan sesamanya. Salah satunya seperti seorang Tiktoker nan rela memborong salak satu gerobak dari pedagang lansia ini.

Banyak langkah untuk menghadirkan intermezo bagi orang lain. Termasuk dengan langkah berbagi nan dapat memberikan banyak kebahagiaan sekaligus menjadi konten video nan hangat untuk ditonton.

Beberapa TikToker memilih konsep berbagi menjadi buahpikiran konten utamanya. Membagikan rezeki kepada nan memerlukan serta membagikan kebahagian untuk penontonnya menjadi langkah nan hangat untuk menyajikan video nan menarik untuk dilihat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ide tersebut juga dilakukan oleh TikToker Donny Ramadhan dengan akun @donnyrapu (22/4). Ia nan tengah melintas tetiba perhatiannya tertuju pada seorang laki-laki dan wanita paruh baya nan tengah mendorong gerobak.

Baca juga: Narapidana Minta Makanan 29.000 Kalori Sebagai Permintaan Terakhir

Haru! TikToker ini Beli Salak Rp 2 Juta Demi Bantu Pedagang LansiaSeorang TikToker tersentuh hatinya ketika memandang pedagang salak lansia nan berdagang dengan gerobak. Foto: TikTok/donnyrapu

Setelah didekati rupanya gerobak tersebut berisi kantung-kantung salak segar nan dijajakan. Tertulis "Salak Pondoh Rp 5.000 = 1 Kg" nan dicoret menjadi "Rp 5.000 = 2". Rupanya penjual salak itu menjual murah hanya agar buahnya busuk lantaran tidak laku.

Puji dan Jun, selaku penjual salak, mengatakan saat itu tetap tersisa 240 kantong nan ada di dalam gerobaknya. Setelah salak-salaknya nyaris lenyap Donny menemukan ada beberapa baju di dalam gerobak tersebut nan rupanya gerobak itu juga menjadi tempat tinggal Puji dan Jun setiap hari.

"Saya diajarkan oleh mbak saya untuk selalu tangan di atas, nggak boleh tangan di bawah. Lebih baik laper pak (daripada mengemis). Insyaa Allah namanya Tuhan nan menghendaki jika memang meninggal (kelaparan) ya meninggal jika mau (diperbolehkan) hidup ya hidup," ujar Puji kepada Donny.

Puji juga menyebut dia dan istrinya setiap hari melangkah kaki dari area Polonia, Jatinegara, Jakarta Timur menuju Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur untuk membeli salak pondoh. Mereka memutarkan modal sejumlah Rp 500.000 untuk mendapatkan duit paling besar Rp 1.000.000 untuk berdagang salak.

Haru! TikToker ini Beli Salak Rp 2 Juta Demi Bantu Pedagang LansiaIa rela memborong semua salak nan tersisa dan membayarnya Rp 2 juta. Foto: TikTok/donnyrapu

Setelah menghitung semua salak nan diborong Donny, Puji menyebut totalnya Rp 1,2 juta tetapi dia mengurangi harganya menjadi Rp 1 juta untuk Donny. Donny nan tersentuh dengan kisah Puji membayarnya dua kali lipat ialah Rp 2 juta.

Kerja keras Puji dan Jun di hari tuanya rupanya menarik perhatian netizen hingga ditonton lebih dari 9,5 juta kali. Banyak komentar netizen nan merasa ikut tersentuh dengan kisah penjual salak lansia tersebut.

"Lah terus jika harganya salaknya diturunin nggak kembali modal dan malah rugi? Terus untuk muter duit dagangannya lagi gimana?" tanya salah satu netizen.

"Ini tetanggaku dekat rumah, mereka memang baik banget dan semangat terus," ujar salah satu netizen.

"ini tetangga saya nan di Polonia. Mereka memang iba tidurnya di jalan nggak punya tempat tinggal. Makasih ya kak sudah bantu Mas Puji, salaknya diborong," sambung netizen lainnya.

Simak Video "Sanksi Tegas Bagi UMKM nan Abaikan Sertifikasi Halal"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food