Asalnya Dari Sichuan, Sup Ikan Kuah Asin Kini Populer Di Indonesia

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Sup ikan dengan kuah sayur asin alias suan cai yu menjadi salah satu kuliner nan sedang terkenal di Indonesia. Rupanya, hidangan ini dari China dan punya racikan unik!

Masakan unik China kerap digemari orang Indonesia. Cita rasanya nan dominan gurih pedas ini cocok dengan selera masyarakat tanah air.

Berbicara tentang masakan China, beberapa nan sering dinikmati di restoran hanya lamian, dimsum, nasi goreng China, bebek peking, alias sapo tahu. Namun, terlepas dari menu-menu tersebut, ada menu masakan China nan baru-baru ini ikut digemari ialah sup ikan dengan kuah sayur asin alias dikenal dengan Suan Cai Yu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Suan Cai Yu merupakan hidangan sup ikan nan dilengkapi dengan sayur asin. Sayur asin nan dipakai di sup ini biasanya acar sawi.

Sedangkan, jenis ikan nan digunakan, mulai dari ikan nila, kakap, gurame, kerapu, hingga ikan cod nan terkenal punya tekstur daging lembut. Dipadukan dengan kuah kaldu gurih nan menyegarkan.

Kuah kaldunya sendiri terdiri dari campuran kaldu ayam dan ikan. Ikan beserta kaldu itu dicampur dengan acar sawi, serbuk cabe hingga biji mala sehingga dalam sesapan pertama, rasa gurih pedas dari sup ikan ini sudah bisa terasa.

Makanan nan berasal dari wilayah Sichuan, China ini dianggap sebagai makanan nan menenangkan dan memuaskan.

Di wilayah China lainnya, suan cai yu memang tidak begitu populer, tetapi tetap bisa ditemui di beberapa restoran.

suan cai yuBegini tampilan suan cai yu, ialah sup ikan China dengan kuah sayur asin. Foto: Getty Images/JianGang Wang

Olahan sup ikan sayur asinnya pun berbeda-beda. Misalanya di wilayah utara China, biasanya mereka menggunakan acar sayuran dari kubis lokal, lapor blog.themalamarket.com.

Meskipun tidak ada catatan nan ditemukan mengenai sejarah hidangan klasik Sichuan ini, tetapi beberapa legenda menceritakan jika makanan ini awal mulanya dibawa oleh seorang nelayan.

Melansir magazine.foodpanda.my, suatu hari nelayan itu kembali dari tugas dan secara tidak sengaja menjatuhkan hasil tangkapannya ke dalam panci besar berisi kaldu nan sedang dimasak istrinya. Perstiwa tersebut nan akhirnya menciptakan hidangan berjulukan Suan Cai Yu ini.

Suan cai yu memang belum sepopuler makanan China lainnya, tetapi hidangan ini telah memberikan kesan baik pada setiap orang nan mencobanya.

suan cai yuSuan cai yu dikenal sebagai makanan nan menenangkan dan menyegarkan. Foto: Getty Images/JianGang Wang

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa restoran nan menyajikan hidangan sup ikan Sichuan ini. Makanan ini pun menjadi terkenal di Indonesia lantaran cita rasanya nan unik dan menyegarkan.

Restoran-restoran di Indonesia menawarkan hidangan suan cai yu dengan ragam ikan beragam, mulai dari ikan gurame hingga kakap. Beberapa restoran juga menawarkan suan cai yu dengan tambahan bahan lain, seperti kulit tahu, pangsit, hingga bakso.

Detikers bisa mencicipi suan cai yu di beberapa restoran nan bisa ditemui di sekitar Jakarta. Misalnya, restoran Suji suan cai yu hingga YaoYao Sauerkraut Fish nan telah mendapat bintang Michelin. Simak info lengkapnya dalam ulasan detikfood pekan ini ya!

Simak Video "Bikin Laper: Uniknya Sup Ikan Nanas Baronang From The Sea"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food