7 Minuman Terbaik Untuk Cegah Ngidam Manis, Cocok Buat Diet!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Banyak orang susah melepaskan diri dari kebiasaan makan dan minum manis. Untuk mengatasinya, coba rutin konsumsi 7 minuman ini.

Keinginan makan alias minum manis kerap disebut sugar cravings. Keinginan itu bisa sangat kuat hingga juga kerap disebut sebagai ngidam.

Biasanya seseorang merasa mood-nya bakal jauh lebih baik setelah makan banyak cokelat, es krim, cake, alias dessert lain. Secara psikologis perihal ini mungkin bisa diterima, tapi bakal berakibat jelek bagi kesehatan jika konsumsinya terlalu banyak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Makan alias minum manis terlalu banyak bakal meningkatkan akibat kerusakan gigi, kenaikan berat badan, hingga masalah jantung. Beberapa langkah sebenarnya bisa dilakukan untuk cegah ngidam makan dan minum manis.

Eat This, Not That! (17/4) mengungkap 7 minuman terbaik untuk cegah ngidam makan dan minum manis nan berlebihan. Berikut daftarnya:

1. Jus semangka

Jika mau minum manis, tapi lebih sehat, pilihlah saribuah semangka. Jus ini membantu mengatur ngidam manis berlebih dengan menghadirkan rasa manis alami dari buah semangka. Jadi pilihlah nan betul-betul hanya dibuat dari daging buah semangka, tidak ditambah pemanis tambahan lain.

Kandungan magnesium dari semangka juga berkedudukan krusial dalam mengurangi kemauan makan alias minum manis. Sebab magnesium berkedudukan dalam mengatur metabolisme glukosa. Tanpa magnesium nan cukup, tubuh bakal kesulitan mengatur kadar gula darah, sehingga menyebabkan meningkatnya kemauan untuk mengonsumsi makanan manis sebagai sumber daya cepat.

2. Air putih

Ilustrasi faedah minum air sebelum tidurFoto: Getty Images/PonyWang

Tak ada asupan cairan nan lebih baik untuk dikonsumsi rutin selain air putih. Minum air putih nan cukup bantu mengurangi ngidam manis secara alami. Sebab banyak orang berpikir mereka lapar, padahal sesungguhnya mereka haus.

Jadi dengan minum air putih ketika kemauan makan manis muncul dapat membantu meredakan rasa haus, dan pada gilirannya, mengelola kemauan ngidam makanan manis. Pasalnya mungkin Anda sama sekali tidak memerlukan nan manis-manis dan tubuh hanya meminta air putih.

3. Matcha

Kabar baik untuk fans matcha lantaran minuman favoritnya dapat membantu mengurangi kemauan makan dan minum manis. Matcha nan terbuat dari daun teh hijau giling ini mengandung L-theanine nan tinggi, masam amino nan meningkatkan relaksasi dan kesehatan, sekaligus mengurangi stres dan kecemasan.

Semua aspek tersebut diketahui merupakan pemicu umum kemauan bakal makanan manis. Kalau kurang suka matcha, Anda bisa memilih teh hijau untuk faedah serupa.

4. Kombucha

KombuchaFoto: iStock

Kombucha adalah teh fermentasi nan terkenal menyehatkan. Salah satu faedah konsumsinya adalah mengatur kadar gula darah. Kombucha juga mengandung masam asetat nan dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga memungkinkan tubuh memanfaatkan glukosa lebih efektif dan berpotensi menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, kombucha mengandung probiotik nan berkontribusi pada mikrobioma usus nan lebih sehat. Ini merupakan aspek nan mengenai dengan peningkatan metabolisme glukosa serta kemauan dan gairah makan manis.

Selengkapnya di laman selanjutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food