7 Bumbu Jepang Unik Yang Membuat Rasa Masakan Istimewa

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Masakan Jepang bakal terasa autentik jika dibuat dengan ramuan masakan unik sana. Mulai dari sansho hingga rayu, kenali jenis ramuan masakan Jepang nan unik.

Masakan Jepang mendunia lantaran rasanya dapat diterima untuk kebanyakan orang-orang di negara lain. nan paling menonjol adalah cita rasa umami alias gurih.

Penggunaan bumbu, rempah, dan saus unik membikin masakan Jepang autentik dan tentunya lebih istimewa. Jenisnya banget beragam dan mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Merangkum Tsunagu Japan, inilah 7 ramuan masakan Jepang unik nan ciptakan rasa istimewa:

1. Yuzu kosho

7 Bumbu Masakan Jepang Unik nan Ciptakan Rasa IstimewaFoto: Tsunagu Japan

Yuzu kosho alias yuzu pepper bukan lada alias merica rasa yuzu, melainkan pasta berbahan cabai, kulit jeruk yuzu, dan garam. Yuzu kosho aslinya dari Kyushu. Rasanya bisa berbeda, tergantung jenis cabe nan digunakan. nan paling umum digunakan, cabe hijau Jepang. Rasanya lebih pedas nendang dibanding jika pakai cabe merah.

Yuzu kosho bisa dipakai sebagai ramuan masakan alias condiment. Biasanya disandingkan dengan olahan ayam alias hidangan berminyak. Selain corak pasta cabai, yuzu kosho juga dijual dalam corak serbuk dan cairan.

2. Sansho

7 Bumbu Masakan Jepang Unik nan Ciptakan Rasa IstimewaFoto: Tsunagu Japan

Sansho adalah serbuk masakan Jepang nan mempunyai aroma citrus dengan rasa pedas lada nan nendang. Sansho dibuat dari buah peppercorn sansho nan rupanya famili dengan lada Sichuan nan memberi rasa pedas menggigit pada masakan mala unik China.

Namun sansho tidak seperti mala nan rasa pedasnya memperkuat lama di mulut. Sansho banyak dipakai dalam hidangan unagi namalain belut Jepang, juga daging alias seafood panggang. Penggunaan sansho menambah kedalaman rasa masakan sekaligus mengurangi lemaknya sehingga lebih nyaman dimakan.

3. Aonori

7 Bumbu Masakan Jepang Unik nan Ciptakan Rasa IstimewaFoto: Tsunagu Japan

Tak kalah terkenal dari nori, di Jepang ada aonori nan merupakan rumput laut hijau nan dikeringkan dan dibuat serbuk alias dihancurkan menjadi flakes. Aonori banyak dipakai sebagai topping masakan Jepang, seperti okonomiyaki, yakisoba, dan takoyaki.

Aonori tak hanya memberi rasa umami, tapi juga mengandung mineral dan masam amino nan berfaedah untuk kesehatan. Aonori dibuat dari jenis rumput laut berbeda untuk nori alias wakame. Biasanya memakai jenis aosa.

4. Shiso

7 Bumbu Masakan Jepang Unik nan Ciptakan Rasa IstimewaFoto: Tsunagu Japan

Shiso adalah daun perilla nan plural dipakai dalam masakan Jepang. Shiso sebenarnya mirip daun mint dengan profil rasa nan serupa pula. Shiso banyak dipakai untuk olahan seafood dan daging nan aromanya tajam.

Dua jenis shiso paling umum adalah daun shiso hijau dan shiso kemerahan alias keungunan. Daun shiso hijau biasanya untuk garnish makanan alias piring. Sementara daun shiso merah dan ungu untuk dikeringkan menjadi flakes seperti pada furikake.

Selengkapnya di laman selanjutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food