Ahli Ungkap 5 Bahan Terbaik Dan Terburuk Untuk Campuran Kopi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Penggemar kopi kerap menambahkan bahan lain, misalnya susu hingga gula. Namun, jangan sembarangan lantaran ada bahan nan baik dan jelek untuk dicampur dalam kopi.

Kopi tidak hanya dinikmati begitu saja lantaran bisa juga dikreasikan dengan bahan lain. Beberapa fans kopi pun suka menambahkan bahan-bahan ke dalam racikan kopinya.

Salah satu bahan tambahan paling sederhana, seperti gula dan susu. Campuran bahan ini bisa menyeimbangkan rasa pahit masam pada kopi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain kedua bahan terkenal ini, ada beberapa bahan lain nan bisa ditambahkan juga. Namun, Anda perlu memerhatikan bahan tambahan nan dimasukkan ke kopi.

Sebab, tidak semua bahan baik untuk racikan kopi. Terdapat beberapa bahan nan memperburuk racikan kopi tersebut

Melansir eatingwell.com (30/07), berikut 5 bahan terbaik dan terburuk nan bisa dicampur dengan kopi menurut Ashley Reaver, RD, mahir gizi di Oakland, California.

Bahan Terbaik :

1. 1/4 cangkir susu murni alias susu oat

Racikan Kopi Campur Susu Kedelai Bikin Wajah Awet MudaSusu sebenarnya boleh saja ditambah ke dalam kopi dan tetap memberi manfaat, asalkan takarannya pas. Foto: Getty Images/iStockphoto

Susu murni menjadi pilihan utama sebagai campuran dalam kopi. Menurut Rachel Fine, RD, sedikit tambahan susu murni membikin dia bisa menikmati kopi nan lezat serta bermanfaat.

Campuran kopi dengan susu murni ini bisa memberikan faedah secara fisik, mental, dan emosional. Ia tidak masalah dengan penambahan susu murni lantaran kandungan vitamin D nan larut dalam lemak.

Menurutnya, lemak tersebut membantu memuaskan emosi diri sendiri. Ketika emosi sudah puas, seseorang condong mengembangkan pengalaman dan perhatian terhadap makanan dan minuman sehat lainnya. Bahkan, mereka menjadi berpikir untuk berakhir minum kopi.

Selain susu murni, Reaver juga menyarankan untuk menambah susu oat. Susu oat bisa memberikan kebaikan secara keseluruhan, tanpa kudu mementingkan lemak jenuhnya.

Penambahan susu murni alias susu saat direkomendasikan, tetapi ingat untuk tidak mencampurnya terlalu banyak. Sebaiknya 1/4 cangkir saja.

2. 1 sendok teh gula

Hati-hati! Ini 5 Efek Samping Tambahkan Gula dan Pemanis ke Dalam KopiGula juga boleh saja ditambahkan, asal tidak berlebihan. Foto: Getty Images/gilaxia

Beberapa orang nan tidak suka rasa pahit kopi bakal menambah gula ke dalamnya. Penambahan gula ini bisa menyeimbangkan rasa kopi.

Ahli gizi, Mary Poppins pun memperbolehkan penambahan gula, asalkan dalam jumlah sedang.

"Ada kesalahpahaman tentang gula dalam budaya kita," ujar Fine.

Menurutnya, penambahan gula tidak masalah untuk meningkatkan rasa. Namun, hanya perlu sedikit lantaran sedikit saja sudah memberi cukup manfaat.

3. 1 sendok teh cokelat bubuk

bubuk coklat penambah energiCoklat serbuk nan kaya bakal antioksidan juga boleh ditambahkan ke dalam racikan kopimu. Foto: Legal Lean

Cokelat menjadi paduan terkenal untuk kopi. Menurut Reaver, cokelat juga kaya bakal antioksidan dan bisa menurunkan tingkat stress.

Penambahan serbuk cokelat juga dapat meningkatkan kesehatan otak dan aliran darah. Kakao juga kaya bakal flavonoid dan unsur anti-inflamasi nan bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi akibat stroke.

Untuk memaksimalkan faedah kesehatan ini, disarankan untuk menambahkan serbuk cokelat nan 100% terdiri dari kakao tanpa pemanis.

Bahan terburuk nan sebaiknya tidak dicampur ke dalam kopi bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Simak Video "Anjuran Kopi dan Teh Tak Dikonsumsi saat Sahur"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food