Wow! Di Turki Ada Adonan Roti Mentah Tertua Berusia 8.600 Tahun

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Penemuan makanan antik di Turki baru-baru ini tengah menarik perhatian. Makanan itu berupa roti mentah seukuran telapak tangan, nan diperkirakan usianya 8.600 tahun!

Meskipun era sudah berkembang, tetapi para arkeolog alias imuwan tampaknya tetap berupaya mencari benda-benda era dahulu. Peninggalan arkeologi nan digali di seluruh bumi juga terus menghadirkan kisah menarik.

Penemuan mereka beragam, tidak hanya barang berhistoris tetapi banyak juga makanan jejak tidak terduga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada masa lampau para intelektual sempat menemukan remahan roti berumur 14.400 tahun di Yordania. Namun, baru-baru ini, para arkeolog menemukan potongan roti di Istanbul, Turki.

Rotinya seukuran telapak tangan, bentuknya bulat dan tetap dalam keadaan seperti adukan alias mentah. Diketahui, roti mentah itu umurnya sudah mencapai 8.600 tahun. Roti ini pun dijuluki sebagai roti tertua di dunia, lapor slurrp.com (12/03).

Penemuan roti ini menimbulkan banyak dugaan sekaligus mendorong para intelektual untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknik pembuatan roti nan digunakan masa itu.

Wow! Di Turki Ada Adonan Roti Mentah Tertua Berusia 8.600 Tahun(Gambar hanya ilustrasi) Arkeolog menemukan roti fermentasi di Turki nan usianya sudah 8.600 tahun. Foto: slurrp.com

Menurut laporan, roti itu dibuat dengan teknik memasak nan digunakan manusia pada tahun 6600 SM. Para intelektual menemukan roti bulat dengan residu spons, berbarengan dengan barley, kacang polong, dan biji gandum utuh.

Tampaknya adukan roti ini telah difermentasi semacam sourdough. Menurut siaran pers Pusat Penelitian dan Penerapan Sains dan Teknologi Universitas Necmettin Erbakan (BITAM) Turki, roti nan ditemukan di situ Catalhoyuk ini merupakan roti fermentasi mentah tertua di dunia.

Arkeologi Ali Umut Turkcan, kepala delegasi Penggalian dan guru besar di Universitas Anadolu di Turki mengungkap, "Ini adalah jenis nan lebih mini dari loaf bread. terdapat jejak tekanan jari di bagian tengahnya, belum dipanggang, tetapi telah difermentasi dan memperkuat hingga saat ini dengan pati di dalamnya."

Penemuan roti fermentasi tertua ini pun cukup mengejutkan, lantaran belum ada contoh penemuan serupa.

Para arkeolog juga menemukan beberapa kecurigaan.

Wow! Di Turki Ada Adonan Roti Mentah Tertua Berusia 8.600 Tahun(Gambar hanya ilustrasi) Penemuan ini membuar para arkeolog penasaran mau mengetahui teknik pembuatan roti era dahulu. Foto: slurrp.com

Ahli biologi Salih Kavak dari Universitas Gaziantep di Turki menemukan hasil dari mikroskopis jika roti ini dibuat dari tepung dan air nan bercampur menjadi satu, dan roti disiapkannya di sebelah oven. Lalu didiamkan beberapa saat untuk difermentasi.

Meskipun mengejutkan, tetapi penemuan ini juga menggembirakan banyak ilmuwan. Sebab, belum pernah ada penemuan serupa di tempat lain. Hal ini pun memungkinkan mereka melakukan studi mendalam tentang praktik kuliner masa lalu.

Sebelum penemuan roti fermentasi ini, tahun 2018 sebuah situs di Black Desert Yordania nan disurvei para intelektual menemukan remahan roti berumur 14.400 tahun.

Remahan ini datang dari sisa-sisa pembakaran nan menurut analisa, terbuat dari serealia liar, seperti einkorn, barley, dan oats.

Simak Video "KPK Tahan 15 Tersangka Kasus Pungli Rutan, Salah Satunya Karutan"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food