Viral Di China Es Kopi Campur Daun Bawang, Ada Di Jakarta!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Jika es kopi dicampur dengan susu, biskuit, hingga saus karamel mungkin sudah biasa. Namun, gimana jika es kopi dicampur dengan irisan daun bawang?

Tren minum kopi kerap bertukar-tukar setiap waktu. Mulai dari resep baru hingga penambahan topping nan unik selalu sukses menarik perhatian siapa saja, termasuk foodies.

Seperti nan tengah viral di China belakangan ini, ialah es kopi nan disajikan dengan irisan daun bawang nan banyak. Es kopi tersebut dinamakan spring onion coffee.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Racikan kopinya ramai dibicarakan setelah diunggah oleh TikToker di China berjulukan @chinesewithmia (01/05/24). "Spring onion coffee sedang viral di China," tuturnya.

Viral di China Es Kopi Campur Daun Bawang, Ada di Jakarta!Viral di China Es Kopi Campur Daun Bawang, Ada di Jakarta! Foto: TikTok @chinesewithmia

Dalam video tersebut juga memperlihatkan proses pembuatan spring onion coffee. Dimulai dengan meletakkan daun bawang nan sudah dipotong-potong ke dalam gelas.

Pemberian daun bawangnya bukan sejumput, melainkan sangat banyak. Kemudian, memasukkan es batu dan setelahnya memasukkan kopi susu. Tampilannya sangat kontras, antara cokelat dari kopi susunya dan hijau dari daun bawangnya.

Selain itu, ada pula penjual nan menambahkan daun bawang nan belum dipotong sebagai hiasan es kopinya. Menurut, TikToker asal China ini, es kopi tersebut mempunyai rasa nan unik.

"Spring onion coffee ini mempunyai cita rasa nan unik, ada perpaduan pahit dari kopinya dengan sentuhan pedas dari campuran daun bawangnya," tutupnya seperti nan dikutip dari Must Share (26/04/24).

Viral di China Es Kopi Campur Daun Bawang, Ada di Jakarta!Viral di China Es Kopi Campur Daun Bawang, Ada di Jakarta! Foto: TikTok @chinesewithmia

Selain itu, dia juga menyebut bahwa spring onion coffee ini mempunyai faedah kesehatan lantaran mengandung daya dan kalsium. Namun, tak sedikit pula netizen nan beranggapan lain.

Ada netizen nan mengaku jijik memandang perpaduan es kopi nan terbilang nyeleneh tersebut. "Saya mual melihatnya, tidak semua cocok dicampur daun bawang, itu hanya itu makanan," tutur netizen.

Kepopuleran es kopi daun bawang rupanya sudah masuk ke Indonesia. Sebuah kafe di PIK berjulukan Brew And Else menjadi kafe pertama di Indonesia nan menawarkan spring onion coffee.

Kepada detikFood (07/05/24) pelayan kafe mengatakan bahwa es kopi viral tersebut dibanderol Rp 45.000 belum termasuk pajak. Tanggapan netizen Indonesia pun tak kalah ramai.

"Pakai bawang goreng lezat nih," tulis netizen.

"Buset apaan aja sekarang dipakain daun bawang. Di makanan aja gue gak doyan, ini lagi di kopi susu," tulis netizen lainnya.

Simak Video "Cobain Lidah Sapi-Oseng Cumi Super Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food