Turis Belanda Ini Pesan Ayam Goreng Di Jogja, Kaget Yang Datang Sebakul

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Liburan ke Jogja, pasangan turis asal Belanda ini penasaran mau coba ayam goreng di sana. Mereka kaget saat memandang porsi nan datang sampai sebakul.

Selain Bali dan Bandung, Yogyakarta alias Jogja jadi salah satu kota nan paling banyak dikunjungi turis mancanegara. Jogja tak hanya menawarkan pemandangan alam, budaya tradisional hingga situs cagar budaya berhistoris tapi juga penuh dengan kuliner enak.

Baru-baru ini pengguna TikTok @curryoclock (25/03), membagikan pengalaman tak terlupakan ketika berpiknik ke Jogja berbareng sang suami. Curry dan sang suami berjulukan Robin nan berasal dari Belanda mampir ke restoran The House of Raminten, salah satu restoran tradisional nan jadi lokasi wisata di sana.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Turis Belanda Ini Pesan Ayam Goreng di Jogja, Kaget nan Datang SebakulTuris Belanda Ini Pesan Ayam Goreng di Jogja, Kaget nan Datang Sebakul Foto: TikTok @curryoclock

"Kami sedang berada di Yogyakarta dan pergi ke tempat makan. Ternyata Google Translate mengecewakan kami, pihak restoran tidak mengerti makanan apa nan mau kami pesan untuk dua orang. Tak disangka kita disajikan makanan untuk empat orang. Untungnya Robin bisa makan banyak," cerita Curry.

Di video berdurasi 28 detik tersebut wanita keturunan Sri Lanka itu tampak membuka dandang alias bakul anyaman nan berisi makanan pesanana mereka. Curry tampak terkejut ketika memandang satu ekor ayam goreng kremes utuh komplit dengan kepala, tahu tempe, sambal dan lalapan.

Di bagian bawah bakul terdapat empat porsi nasi putih, tahu goreng, hingga sayuran tumis dengan sambel plecing di atasnya.

Turis Belanda Ini Pesan Ayam Goreng di Jogja, Kaget nan Datang SebakulTuris Belanda Ini Pesan Ayam Goreng di Jogja, Kaget nan Datang Sebakul Foto: TikTok @curryoclock

"Astaga ada kepala ayam!" tulis Curry nan jarang menemukan makanan dengan kepala ayam.

Menurut Curry mereka hanya bayar Rp 195.000 untuk porsi makanan sebanyak itu dan sudah termasuk minum. Meski Curry tak sanggup menghabiskan semua makanan, untungnya sang suami suka dengan rasa ayam goreng kremes hingga tumis sayur ala Raminten.

Banyak pengguna TikTok dari Indonesia nan ikut berkomentar tentang porsi royal di Raminten.

"Ini House of Raminten merupakan restoran nan bagus lantaran pemiliknya itu sudah kaya dan baik sekali, jadi nilai makanannya memang murah-murah apalagi untuk kantong penduduk lokal," komen @danc**.

Turis Belanda Ini Pesan Ayam Goreng di Jogja, Kaget nan Datang SebakulTuris Belanda Ini Pesan Ayam Goreng di Jogja, Kaget nan Datang Sebakul Foto: TikTok @curryoclock

"Hahaha kita bilang ini Raminten Moment, apalagi saya sebagai penduduk lokal tetap kaget seperti ini jika makan di sana. Raminten punya porsi makanan nan besar," tutur @nok**.

"Di tempat nan bawah tumis sayuran dengan kacang itu lezat sekali. Saya tetap ingat rasanya ketika berpiknik di Indonesia. Pedas tapi lezat sekali," puji turis asing @hell**.

Selain kulineran makan ayam goreng kremes di Raminten, Curry dan Robin lanjut makan nasi goreng, sate ayam, sampai belajar buat emping melinjo.

Tak hanya Curry nan kaget dengan menu makanan di Indonesia, sebelumnya ada turis asing berjulukan Thomas nan usil makan pecel ayam kaki lima saat berpiknik di Lombok.

Meski sempat kewalahan dengan rasa sambal pecel nan cukup pedas untuk lidahnya, tapi Thomas tetap menyantap pecel ayam ini hingga habis. Di akhir video dia memuji rasa pecel ayam nan lezat dan berterima kasih ke penjual tersebut nan melayaninya dengan baik.

Baca Juga: "Iseng Cicip Pecel Ayam Kaki Lima, Bule Belgia Ini Langsung Jatuh Cinta" selengkapnya

Simak Video "Makan Ayam Goreng Warung Doyong, Seperti Apa Kelezatannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food