Tomat Lagi Naik Harga, Ini Cara Simpan Tomat Agar Tak Mudah Busuk

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Banyak orang menyetok tomat di rumah lantaran umum digunakan dalam masakan Indonesia. Lantas, gimana langkah menyimpan tomat agar tak mudah busuk?

Banyak masakan Indonesia nan ditambahkan tomat agar rasanya semakin sedap. Tak hanya sebagai bumbu, tapi juga pelengkap hidangan, seperti isian soto, sop ayam, bahan sambal sambal, serta saus.

Tomat paling sering dipakai untuk meracik sambal. Tak heran jika orang Indonesia banyak menyetok tomat di rumah. Terutama tomat nan masak alias tomat merah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, belakangan ini tomat dikabarkan mengalami kenaikan harga. Harganya bisa mencapai Rp 15.000 per kilogram.

Oleh lantaran itu, langkah menyimpan tomat krusial diperhatikan agar bisa irit selagi nilai naik di pasaran. Sebaiknya tomat disimpan dalam lemari es alias suhu ruangan saja?

Ilustrasi langkah simpan tomatIlustrasi langkah simpan tomat Foto: Getty Images/iStockphoto

Dilansir dari Yahoo Life (24/2/2023), rupanya tak ada jawaban pasti, lantaran tergantung dengan preferensi orang nan menyimpannya. Namun, bisa dilihat dari beberapa faktor.

Dominique Kline selaku manajer dari The Hope Farm menjelaskan, aspek kematangan tomat bisa menyesuaikan langkah menyimpannya. Jika tomat itu sudah berada pada tingkat kematangan puncak, maka bisa didinginkan dalam lemari es selama 3 hari. Gunanya untuk menghentikan proses pematangan.

Tetapi Kline menyatakan sebelum dikonsumsi kudu didiamkan dalam suhu bilik (ruangan) terlebih dahulu.

Sedangkan, jika tomat belum matang kudu disimpan pada suhu kamar. Idealnya 20-22 derajat celcius alias kudu jauh dari sinar mentari langsung. Karena, dapat mempercepat proses pembusukan.

Kline juga menjelaskan jika setiap jenis tomat mempunyai langkah simpan nan berbeda. Misalnya, untuk tomat ceri bisa disimpan dalam lemari es dan tak memengaruhi rasanya.

Berbeda dengan tomat gondol alias tomat merah biasa sebaiknya disimpan pada suhu kamar. Jenis tomat ini memang tahan lama disimpan dalam suhu ruangan seperti di supermarket.

Kline menyarankan untuk menyimpan tomat pada suhu ruang saja. Karena, tomat mengandung lebih dari 400 senyawa volatil nan dapat memengaruhi aroma, rasa, dan teksturnya.

Simak Video "Masak Masak: Tomat Keju Menu Sarapan ala Bule"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food