Tips Beli Dan Simpan Cabai Agar Awet Segar Dan Tahan Lama

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Cabai termasuk bahan dasar nan biasa digunakan pada masakan Indonesia. Beberapa tips membeli dan menyimpan cabe ini bisa diikuti lho!

Masakan Indonesia terkenal dengan rasa berempah dan pedasnya. Cabai banyak digunakan pada bumbunya, biasanya dicampurkan rempah lain alias diiris untuk penyedap ramuan tumisan.

Menjelang Ramadan nan tinggal menghitung hari, biasanya persiapan kebutuhan dapur tengah dipersiapkan. Banyak orang juga menyetok cabe di rumah untuk memasak sajian sahur dan berbuka puasa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kalau mau mendapatkan cabe nan berbobot baik, bisa mengikuti beberapa tips memilih cabai. Cara menyimpannya juga perlu diperhatikan agar cabe tetap segar tahan lama.

Berikut tips membeli dan menyimpan cabe untuk stok:

1. Tips membeli cabai

Kombinasi Hebat! Makan Jahe dan Cabai Punya 5 Manfaat Sehat IniFoto: Getty Images/iStockphoto/Stefan Tomic

Cabai nan ditawarkan di pasar tradisional biasanya belum dikemas per gram, melainkan tetap dikumpulkan menjadi satu oleh sang penjual. Pelanggan bisa mengambil secara random cabe mana nan bakal dibelinya.

Untuk takarannya, biasanya mulai dari 1/4 kilogram (250 gram). Cara memilih cabainya seperti apa? Bisa menekan permukaan cabainya, kudu keras, tidak lembek ataupun kennyal.

Cabai nan berbobot baik juga kudu mempunyai warna terang. Pada permukaannya tidak ada bagian nan menghitam. Tekstur cabainya juga lembut dan bebas kerutan, ini mengindikasikan usia alias dehidrasi cabai.

Cabai nan segar juga bisa dilihat dari batangnya. Batang cabe nan utuh umumnya lebih segar dibandingkan cabe tanpa batang.

Selengkapnya di laman selanjutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food