Terungkap! Jajanan Indonesia Dengan Lemak Trans Tinggi Menurut Who

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Kandungan lemak trans tinggi pada makanan membahayakan kesehatan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun mengungkap daftar jajanan di Indonesia nan mengandung lemak trans tinggi.

WHO belum lama ini mengidentifikasi makanan nan mengandung lemak trans dalam pasokan pangan di Indonesia. Hasilnya, kandungan lemak trans pada makanan di Indonesia melampaui periode pemisah maksimal.

"Temuannya menunjukkan bahwa nyaris 10 persen sampel mengandung lemak trans melampaui periode pemisah nan direkomendasikan WHO, ialah kurang dari 2 g/100g total lemak," ucap dr Lubna Bhatti, Team Lead NCDs and Healthier Population, WHO Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menjelaskan kadar lemak trans tinggi banyak ditemukan pada jajanan berikut:

1. Biskuit
2. Wafer
3. Produk roti
4. Martabak
5. Roti maryam
6. Jajanan kaki lima
7. Jajanan kekinian

Lemak trans sebenarnya jenis lemak alami nan terdapat pada pangan hewani seperti ayam dan daging merah. Kemudian ada pula lemak trans buatan nan biasa terdapat pada es krim, santan, dan mentega.

Legendaris! 5 Snack hingga Biskuit Ini Usianya Sudah Ratusan TahunBiskuit menjadi salah satu makanan nan disebut mengandung lemak trans tinggi. Foto: Site News

Lemak ini rawan jika konsumsinya berlebihan dan dikaitkan dengan beragam macam penyakit kardiovaskular.

1. Meningkatkan akibat penyakit jantung
2. Meningkatkan peradangan
3. Kenaikan berat badan
4. Meningkatkan jumlah kolesterol 'jahat'
5. Meningkatkan akibat kanker

Melihat akibat kesehatan nan tinggi, WHO mendorong agar pemerintah Indonesia tegas soal pemisah kandungan lemak trans pada pangan.

"Tanpa kebijakan peraturan nan kuat dan didukung oleh undang-undang nasional, Indonesia berisiko masuknya produk-produk nan mengandung banyak lemak trans, sehingga memperburuk apa nan sudah menjadi ancaman kesehatan dan pembangunan nasional," ucapnya.

WHO pun menganjurkan dua pilihan kebijakan terbaik untuk mengeliminasi lemak trans.

Ilustrasi martabakMartabak juga disebut mengandung lemak trans tinggi. Dalam jumlah banyak bisa sebabkan akibat penyakit berbahaya. Foto: Getty Images/lovelypeace

Pertama dengan membatasi lemak trans hingga 2 g per total kandungan lemak di semua makanan (2 g/100 g) total lemak. Kedua dengan melarang produksi, impor, penjualan dan penggunaan minyak terhidrogenasi parsial (PHO) di semua makanan.

Kebijakan tersebut sudah diadopsi 53 negara personil WHO sejalan dengan pendekatan WHO REPLACE nan dirilis pada 2018.

Artikel ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan titel "Daftar Jajanan Indonesia dengan Lemak Trans Tinggi Menurut WHO"

Simak Video "Nyobain Jajanan Pasar di Kafe Vintage"
[Gambas:Video 20detik]
(Tim CNN Indonesia/Tim CNN Indonesia)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food