Ternyata Warna Asli Blueberry Bukan Biru, Ini Faktanya!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Sebuah penelitian mengungkap bahwa sebenarnya buah blueberry tidak berwarna biru. Ada lapisan lilin nan membuatnya terlihat mirip biru.

Dinamakan 'blueberry' lantaran buah berry berukuran mini ini memang terlihat berwarna biru. Namun, penamaan buah itu disebut menyesatkan lantaran tidak sesuai fakta.

Faktanya buah blueberry tidak berwarna biru, lapor Food and Wine (08/03/24). Hal tersebut diungkap oleh sebuah penelitian nan diterbitkan di Science Advance.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Para peneliti dari Inggris tersebut menemukan argumen kenapa blueberry terlihat mempunyai warna biru di mata manusia. Padahal blueberry tidak mempunyai pigmen biru di dalamnya.

"Blueberry terlihat berwarna biru, tetapi pigmen nan ditemukan pada blueberry sebenarnya bukan berwarna biru," ujar peneliti.

1. Adanya lapisan lilin

BlueberryBlueberry mempunyai lapisan nan membikin tampilannya terlihat berwarna biru. Foto: iStock

Peneliti mengatakan bahwa pigmen original dari buah blueberry ada merah tua. nan membikin buah tersebut terlihat biru lantaran adanya lapisan lilin epicuticular.

Menurut peneliti, penampakan warna biru didominasi oleh partikel non sferis nan berkumpul secara acak. Ini baru ditemukan ketika dilihat di bawah mikroskop.

"Partikel-partikel tersebut dapat menghamburkan sinar biru dan sinar UV, sehingga membikin buah berry ini tampak biru di mata manusia," tutur penelitian.

2. Fungsi lapisan lilin

BlueberryLapisan lilin pada blueberry berfaedah mencegah kerusakan pada buah. Foto: iStock

Lebih lanjut, penelitian juga mengatakan bahwa lapisan lilin tersebut sangat tipis. Tebalnya sekitar dua mikron. Meskipun begitu, warnanya tampak biru dan memantulkan sinar UV dengan baik.

Kebanyakan tanaman memang mempunyai lilin tipis nan mempunyai banyak fungsi. Salah satunya sebagai lapisan nan dapat membersihkan sendiri dan mencegah masuknya air.

Simak Video "Sajian Praktis Ramadan: Sambal Daging Cabai Hijau"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food