Tanpa Tambahan Kapur Sirih, Ini Cara Mudah Membuat Lontong Yang Padat, Kenyal, Dan Antigagal

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
Tanpa tambahan kapur sirih, ini langkah mudah membikin lontong nan padat, kenyal, dan antigagal

foto: Instagram/@melki.mdiani

Kincaimedia - Lontong merupakan makanan unik Indonesia nan berbahan dasar beras. Biasanya, lontong disajikan sebagai pelengkap beragam makanan. Seperti sate, gulai, gado-gado, sayur labu siam, bakso, dan tetap banyak lagi. Teksturnya nan padat dan kenyal membikin siapa saja nan mengonsumsi lontong bakal merasa kenyang.

Lontong bisa dibuat sendiri di rumah. Nggak melulu kudu pakai anyaman daun pisang, Anda juga bisa memakai wadah alias plastik untuk mencetak lontong. Meski begitu, nyatanya tetap banyak nan mengalami kegagalan saat membikin lontong. Iya, lontong nan dihasilkan justru teksturnya keras saat matang.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menambahkan kapur sirih ke dalam campuran air rebusan beras saat membikin lontong. Penambahan bahan satu ini dianggap bisa membikin tekstur lontong jadi lebih padat dan kenyal.

Tapi nggak perlu cemas jika Anda nggak punya stok kapur sirih di rumah. Karena rupanya ada langkah lain nan bisa dipakai untuk membikin lontong nan padat, kenyal, dan antigagal. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna IG @melki.mdiani.

(brl/tin)

Selengkapnya
Sumber Temukan Makanan Terbaik
Temukan Makanan Terbaik