Tanpa Minyak Goreng, Ini Trik Agar Nasi Tak Berkerak Dan Basi Meski Disimpan 2 Hari Di Rice Cooker

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
Tanpa minyak goreng, ini trik agar nasi tak berkerak dan lama meski disimpan 2 hari di rice cooker

TikTok/@mamaifa05 ; TikTok/@ninazeidin

Kincaimedia - Penggunaan rice cooker saat menanak nasi disukai banyak orang lantaran praktis. Rice cooker memang merupakan perangkat nan dirancang unik untuk menanak nasi, dengan kelebihan praktis dan konsisten. Kalau memakai rice cooker, Anda tidak perlu cemas jika nasi gosong alias terlalu basah. Bukan tanpa alasan, lantaran rice cooker mempunyai pengatur suhu dan waktu nan tepat untuk mendapatkan nasi nan sempurna.

Selain kemudahannya, penggunaan rice cooker juga dinilai lebih efisien. Rice cooker dapat menanak nasi menggunakan daya nan relatif rendah, sehingga bisa menghemat daya dibandingkan dengan menggunakan kompor gas alias listrik. Tak hanya itu, rice cooker juga mempunyai fitur pemanas otomatis nan bakal meninggal secara otomatis setelah nasi matang, sehingga tidak perlu cemas tentang nasi gosong jika terlalu lama dibiarkan.

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, namun ada pengaruh lain dari penggunaan rice cooker dalam menanak nasi. Nasi nan dimasak di rice cooker condong tidak bisa awet. Meskipun disimpan dalam mode warm (menghangatkan) dalam rice cooker, namun nasi bisa lama dan berkerak dalam hitungan jam. Hal ini ditandai dengan warna nasi nan mulai kuning, bau, dan teksturnya nan kering.

Memang pada dasarnya butuh trik unik untuk mencegah nasi sigap basi. Sejumlah orang biasanya bakal memberikan bahan tambahan saat menanak nasi. Misalnya dengan memasukkan 1 sdm minyak goreng ke dalam beras nan hendak dimasak. Usut punya usut, minyak goreng bisa membikin nasi lebih pulen dan awet.

Namun selain dengan menambahkan minyak goreng, Anda bisa menggunakan bahan lain agar nasi tak sigap lama dan berkerak saat disimpan di rice cooker. Bahan ini pernah digunakan oleh pengguna TikTok @mamaifa05. Melalui salah satu video nan diunggah, dia mengaku tidak menambahkan minyak goreng, namun ada bahan lain nan nggak kalah efektif dalam membikin nasi lebih awet.

(brl/lut)

Selengkapnya
Sumber Temukan Makanan Terbaik
Temukan Makanan Terbaik