Taliwang Maloka Trb: Ada Ayam Taliwang Hingga Plecing Kangkung Enak Di Bekasi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Banyak kuliner menarik nan bisa ditemukan di Bekasi. Tidak hanya jajanan kekinian, tetapi juga rumah makan tradisional ada di kota ini. Bahkan, di Bekasi Anda bisa menikmati makanan unik Lombok.

Salah satunya di restoran Ayam Taliwang Maloka TRB nan berlokasi di wilayah Jl. Raya Hankam, Jatimelati, Bekasi. Restorannya memang tidak begitu besar. Hanya menempati dua ruko di pinggir jalan raya Hankam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, dari luar Anda sudah bisa memandang papan panjang bertuliskan Taliwang Maloka TRB.

Penasaran dengan kelezatan ayam taliwang di restoran ini, detikFood menyambanginya (03/03). Kami mencicipi beberapa menu jagoan di sana, mulai dari ayam bakar Taliwang, ikan gurame taliwang, hingga plecing kangkungnya. Begini cita rasanya!

Detail Informasi (Nama Tempat Makan)
Nama Tempat MakanAyam Taliwang Maloka TRB, Hankam Raya
AlamatJl. Raya Hankam No.39A, RT.006/RW.005, Jatimelati, Kec. Pd. Melati, Kota Bks, Jawa Barat 17415
No Telp0811-1808-907
Jam Operasional09.00 - 21.00 WIB
Estimasi HargaRp 10.000 - Rp 85.000
Tipe KulinerKuliner unik Lombok
Fasilitas
  • Ruangan indoor
  • Ada toilet
  • Tempat parkir luas

1. Ayam dan ikan ramuan taliwang

Ayam TaliwangBegini tampilan ayam bakar taliwang nan bumbunya meresap sampai ke dalam. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Selaras dengan namanya, restoran ini memang unik menyajikan menu-menu unik Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Berbicara dengan salah satu pegawai di sana, mereka mengungkap, pemiliknya memang bukan orang Lombok. Namun, sebagian besar pegawai di sana merupakan orang original Lombok.

Sehingga, menu-menu nan disajikan dimasak langsung dengan resep original Lombok nan dibawa oleh mereka. Beberapa ramuan dasarnya pun dibawa langsung dari Lombok.

Restoran ini menyajikan olahan ayam dan ikan nan dimasak dengan ramuan unik Taliwang nan terkenal pedas menyengat.

Pilihan menunya beragam, mulai dari ayam bakar taliwang, ayam goreng taliwang, gurame bakar taliwang, gurame goreng taliwang, nila bakar alias goreng taliwang, hingga lele nan juga diolah dengan ramuan unik taliwang.

Untuk menu nan dibakar, pengguna bisa memilih tingkat kepedasannya, mulai dari tidak pedas, sedang, pedas, dan super pedas.

Ada juga menu sayuran unik Lombok nan biasa jadi pelengkap, seperti plecing kangkung, beberuk terong, sampai terong selo bakar.

2. Ayam bakar taliwang dan plecing kangkung nan bikin nagih

Ayam TaliwangAyam Taliwang satu ekor di sini dibanderol dengan nilai Rp 55.000. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Kami tentu tidak bisa melewatkan hidangan ayam bakar taliwangnya. Untuk satu porsi (satu ekor) ayam taliwang, dibanderol Rp 55.000.

Selain tingkat kepedasan, pengguna nan memesan olahan taliwang bisa memilih pesanan itu mau dimasak pedas manis alias pedas gurih. Kami pun memilih ayamnya dimasak dengan ramuan taliwang nan pedas gurih.

Setelah selesai memesan, pegawai langsung memasak ayam tersebut di pemanggang nan ada di depan restoran. Pelanggan bisa memandang sendiri proses pembakaran ayam taliwang ini.

Sebelum dibakar, mereka merendam ayamnya terlebih dulu ke dalam ramuan taliwang. Barulah ayam dibakar di atas api arang.

Tidak lama, ayam diantar ke meja kami. Dari segi tampilan, potongan ayamnya tidak begitu besar, bisa dinikmati oleh 1 sampai 2 orang saja. Seporsi ayamnya dilengkapi dengan potongan jeruk nipis dan dua cocolan bumbu.

Bumbu cocolan ini punya tekstur sangat cair. Keduanya berwarna cokelat tetapi salah satunya lebih gelap dan juga lebih pedas. Namun, ketika kami coba, tidak begitu ada perbedaan rasa antara keduanya.

Rasanya mirip ramuan kacang tetapi teksturnya sangat cair dan ada sentuhan pedas nan sangat ringan.

Ayam bakar taliwang di sini agaknya memakai ayam kampung sehingga tekstur dagingnya memang agak keras. Namun, tetap nikmat lantaran ramuan taliwangnya meresap sampai ke dalam daging dan tulang.

Bumbunya sendiri punya rasa pedas nan khas, dengan rasa cabe, terasi, dan gula merah nan lebih dominan. Ada sensasi smokey jejak pembakaran ayam tersebut nan membuatnya justru semakin enak. Tidak perlu dicocol ke sambal alias ramuan lagi, rasanya sudah nikmat.

Jika pesan ayam bakar taliwang, Anda juga perlu memesan plecing kangkungnya.

Ayam TaliwangAyam Taliwang ini semakin lezat dinikmati dengan plecing kangkung nan menyegarkan. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Terdiri dari kangkung nan sudah direbus, ditambah dengan tauge, dan kacang. Disiram dengan sambal plecing. Sambal plecingnya pun dilengkapi dengan potongan besar tomat.

Sambalnya tidak begitu pedas, lebih dominan rasa masam segar dari tomatnya. Cocok dinikmati dengan ayam bakar taliwang.

Cita rasa gurame goreng taliwang hingga tahu bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Simak Video "Resep Kari Ayam Bakar, Cocok Untuk Sajian Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food