Super Mungil! Ini Tampilan Sendok Kayu Terkecil Di Dunia

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Rekor bumi nan diakui Guinness World Records selalu mencuri perhatian. Dari kategori perangkat makan, ada sendok kayu terkecil di bumi nan dibuat oleh seniman India. Begini penampakannya.

Sendok menjadi perangkat makan utama nan dipakai di banyak negara. Jenisnya beragam, termasuk nan berbahan kayu.

Sendok kayu disukai bukan hanya lantaran tampilannya estetik, melainkan juga lantaran sifatnya nan alami. Selain itu, sendok kayu punya kelebihan berupa permukaannya nan cukup lembut sehingga membikin perangkat masak alias makan tetap aman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ukuran sendok kayu pada umumnya seperti sendok makan biasa, tapi seorang seniman India membikin tampilan sendok kayu banget menakjubkan. Hal ini terlihat dari unggahan IG guinnessworldrecords (25/4/2024).

Super Mungil! Ini Penampakan Sendok Kayu Terkecil di DuniaProses pembuatan sendok kayu terkecil di dunia. Foto: IG guinnessworldrecords

Shashikant Prajapati memecahkan rekor sendok kayu terkecil di dunia. Ia sukses membikin sendok kayu dalam panjang hanya 1.6 milimeter (0.06 inchi)!

Untuk mengesahkan rekor ini, sendok kayu itu haruslah replika sendok makan berbahan kayu pada umumnya. Karenanya sendok ini punya bagian pegangan sekaligus cekungan di ujungnya, meski ukurannya banget sangat kecil.

Sang pembuat sendok kayu terkecil di dunia, Prajapati dikenal sebagai seniman karya seni mikro. Ia berhati-hati mengukir sebuah potongan kayu menjadi sendok kayu menggunakan pisau pahat dan perangkat operasi.

Menurut Guinness World Records, Prajapati menghabiskan banyak waktu untuk latihan menyempurnakan tekniknya dalam membikin sendok kayu terkecil di bumi ini. Ia apalagi sudah membikin lebih dari 10 jenis sendok sebelum akhirnya sukses menciptakan ukuran terkecil untuk rekor dunia, sekaligus memenuhi spesifikasi kreasi nan ditetapkan.

Super Mungil! Ini Penampakan Sendok Kayu Terkecil di DuniaSendok kayu terkecil di bumi dia merupakan replika sendok kayu sungguhan. Foto: IG guinnessworldrecords

"Sangat susah membikin sendok dengan ukuran kurang dari 2 mm, tapi setelah banyak percobaan, saya berhasil," kata Prajapati pada Guinness World Records.

Melihat unggahan ini, banyak netizen memuji karya Prajapati. Mereka mengatakan sendok kayu terkecil di bumi ini luar biasa dan sangat bagus. Tak sedikit juga nan menantang Prajapati untuk membikin karya seni lain nan banget mungil.

Menariknya, pemegang rekor sebelumnya untuk kreator sendok kayu terkecil di bumi juga orang India. Pada 2022, Navratan Prajapati Murtikar membikin sendok mini dengan panjang 2 mm saja alias sekitar 0.07 inchi.

(adr/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food