Spaghetti Bolognese Yang Populer Ternyata Tidak Autentik, Ini Kata Chef

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Spaghetti bolognese merupakan salah satu hidangan pasta terkenal di dunia. Sayangnya menurut chef, spaghetti bolognese nan selama ini kita nikmati tidak autentik Italia. Begini racikan nan tepat.

Dari sekian banyak jenis pasta dan sausnya, spaghetti bolognese menjadi salah satu nan paling banyak dinikmati. Sesuai namanya, hidangan ini merupakan paduan pasta jenis spaghetti dengan saus bolognese.

Saus bolognese merupakan saus berbasis daging dalam masakan Italia, unik kota Bologna. Bahan utamanya antara lain daging cincang, seledri, wortel, bawang bombai, dan pasta tomat. Proses masaknya berjam-jam hingga membikin rasanya lebih maksimal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saus bologneseSaus bolognese dari Bologna, Italia nan selama ini terkenal dipadukan berbareng spaghetti. Foto: iStock

Meski hidangan ini sudah terkenal di beragam negara, tapi rupanya racikan nan umum dinikmati belum tepat. Hal ini disampaikan chef Sophie Nahmad seperti dikutip dari Mirror UK (22/4/2024).

Menurut sang chef, ada kesalahan besar dan umum dilakukan banyak orang saat bikin spaghetti bolognese. Mereka menggunakan jenis pasta, spaghetti.

Menurutnya, jenis nan lebih tepat untuk diolah berbareng saus bolognese adalah tagliatelle. Bentuknya seperti fettucine, hanya saja lebih lebar. Orang Italia konon lebih memilih jenis pasta ini lantaran permukaannya nan lebih lebar dan rata sehingga memungkinkan daging dalam saus bolognese lebih mudah menempel.

Sophie mengatakan, "Tagliatelle nan fresh rasanya lezat dan sangat memuaskan untuk diputar di garpu saat Anda makan malam. Karena bentuknya nan lebih lebar, ini adalah pasta nan lezat untuk dipadukan dengan saus kental berbahan dasar daging. Faktanya, Orang Italia biasanya memasangkan tagliatelle dengan saus bolognese, bukan spaghetti."

Ia mengatakan jenis saus apapun nan berbahan dasar daging bakal cocok dipadukan dengan pasta tagliatelle. Misalnya untuk saus tomat creamy dan sosis nan pedas.

Menurut Sophie, spaghetti kurang cocok diolah berbareng saus bolognese lantaran bentuknya nan ramping, silindris, dan permukaannya halus. Kriteria ini tidak ideal untuk menahan saus bolognese.

Sophie pun bukan satu-satunya nan mengatakan racikan spaghetti bolognese kurang autentik, tapi chef Italia terkenal juga. Chef Antonio Carluccio mengatakan "Saus bolognese tidak boleh disajikan dengan spaghetti. Harus dengan tagliatelle."

pesto spaghettiMenurut chef Sophie Nahmad, spaghetti lebih cocok dipadukan saus pesto. Foto: Instagram

Jika suka spaghetti, Sophie merekomendasikan untuk memadukannya berbareng saus pesto alias saus lain nan tidak berbahan dasar tomat. Paduan tekstur dan pilihan saus tersebut dinilai lebih tepat dalam menghasilkan cita rasa nan maksimal.

Namun menurut Sophie, spaghetti punya peran besar dalam mempopulerkan bolognese. Sebab saus bolognese tidak bakal seterkenal itu jika tidak disandingkan dengan "spaghetti".

Terlebih kebenaran bahwa spaghetti merupakan jenis pasta paling terkenal urutan kedua di Inggris, setelah fusilli. Jenis pasta ini juga paling banyak dijadikan stok di sebagian besar dapur rumah tangga Inggris.

Untuk pasta jenis mie panjang apapun, termasuk Linguini alias Capellini bakal lebih baik dipadukan berbareng saus nan lebih ringan. Hindari saus bolognese nan kental.

(adr/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food