Selain Sunnah, Ini 5 Manfaat Rutin Konsumsi Kurma

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Konsumsi kurma dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Ternyata tak sekadar sunnah, konsumsi kurma secara rutin dapat mendatangkan faedah untuk kesehatan.

Kurma identik dengan bulan ramadan lantaran dianjurkan untuk disantap sebagai kudapan pertama saat membatalkan puasa. Anjuran makan kurma saat berbuka puasa ini berasal dari kebiasaan Rasulullah SAW nan selalu mengonsumsi kurma dan air saat berbuka puasa.

Berdasarkan aliran Islam, konsumsi kurma dan menjalankan sunnah nabi bakal mendapat keberkahan nan berlimpah. Tetapi selain keberkahan lantaran menjalankan sunnah Rasulullah SAW, kurma juga dapat memberikan banyak faedah kesehatan untuk tubuh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada sebuah kurma dengan berat 8 gram terdapat 23 kalori, 0,2 gram protein, 0,6 gram serat, 53 miligram potasium dan tetap banyak nutrisi lainnya. Dengan begitu konsumsi kurma dapat menjaga kesehatan organ tubuh hingga melindunginya dari penyakit kronis.

Baca juga: Masak Beef Wellington Rp 1,8 Juta, Brooklyn Beckham Dipuji Gordon Ramsay

Berikut ini 5 faedah rutin konsumsi kurma mengutip Veryell Fit:

Selain Sunnah, Ini 5 Manfaat Rutin Konsumsi KurmaKurma mempunyai kandungan antioksidan nan dapat mencegah perkembangan kanker dan tumor. Foto: Getty Images/iStockphoto/Voyagerix

1. Mencegah pertumbuhan kanker

Kurma mempunyai kandungan antioksidan dan antiinflamasi nan terbentuk secara alami dengan kadar nan cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Komponen antioksidan dan antiinflamasi ini dikaitkan oleh mahir dengan manfaatnya mencegah perkembangan sel kanker.

Bahkan saking istimewanya kandungan antioksidan pada kurma membikin banyak mahir tergelitik untuk menelitinya. Berbagai pengamatan hingga uji laboratorium dilakukan guna menemukan faedah dan pengaruh samping kurma secara efektif.

Hasilnya kandungan anti radikal bebas nan ditemukan di dalam kurma membikin peneliti terpesona. Sehingga konsumsi kurma secara rutin disarankan untuk membantu melindungi tubuh dari kanker dan tumor.

2. Menjaga kesehatan jantung

Ada argumen lain selain rasa manis kurma nan dapat menggantikan daya untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Kurma mempunyai kandungan potasium alami nan berfaedah sebagai elektrolit ketika dikonsumsi ke dalam tubuh.

Elektrolit dibutuhkan oleh tubuh guna menggantikan cairan nan lenyap selama berpuasa seharian penuh. Faktanya kandungan potassium di dalam kurma ini juga membantu menjaga kesehatan kardiovaskular hingga jantung pada orang dewasa.

Salah satu pengaruh nan telah terbukti atas konsumsi potassium sesuai dengan kebutuhan tubuh adalah keahlian untuk mengendalikan tekanan darah. Kadar garamnya nan juga rendah membikin kurma disarankan bagi orang tua terutama mereka nan mempunyai gangguan tekanan darah dan kardiovaskular.

Manfaat konsumsi kurma lainnya ada di laman berikutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food