Sebaiknya Sarapan Makanan Gurih Atau Manis? Ini Kata Ahli

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Sarapan menjadi waktu makan terpenting, lantaran bisa meningkatkan daya dalam sehari. Sebaiknya, sajian sarapan gurih alias manis? Ini kata ahli!

Sarapan nan tepat dapat membuatmu mempunyai daya nan baik sepanjang hari. Sebaiknya, menu sarapan nan disantap juga diperhatikan asupan nutrisinya.

Dilansir dari Food NDTV (19/3), Jessie Inchauspe, mahir biokimia Prancis dan penulis kitab terlaris NYT (@glucosegoddess) menjelaskan menu sarapan nan tepat. Menurut ahli, idealnya sarapan kudu gurih dan tidak manis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Inchauspe menjelaskan jika mengonsumsi sarapan kebanyakan pati dan gula, seperti sereal, roti dengan selai, saribuah jeruk, dan lainnya itu bisa membikin tubuh mengalami lonjakan glukosa. Hal ini bisa membikin daya sigap menurun.

"Jika tubuh mengalami lonjakan glukosa nan tinggi di pagi hari, tingkat rasa lapar bakal kembali lebih sigap dan daya bakal terkuras sepanjang hari," jelas Inchauspe.

Menu sarapan sehatMenu sarapan sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Dia menambahkan bahwa dengan lonjakan glukosa nan besar saat sarapan, perihal itu juga bisa merusak mitokondria. "Mitokondria adalah pabrik mini di sel nan bekerja menghasilkan energi. Lonjakan glukosa nan besar bakal merusaknya, mencegahnya menghasilkan daya nan baik," tambahnya.

Ahli biokimia ini menyarankan untuk beranjak pada menu sarapan nan gurih. Inchauspe menyatakan dalam keterangannya bahwa sarapan gurih bakal mengubah hidup.

Inchauspe merekomendasikan 3 komponen utama pada menu sarapan. Seperti asupan protein (yogurt, telur, daging, ikan, dsb), lemak sehat (alpukat, minyak zaitun, keju, dsb), dan beberapa jenis sayuran.

Jika menginginkan sesuatu nan manis, satu-satunya nan kondusif dikonsumsi oleh Inchauspe adalah buah utuh. Ahli biokimia ini tidak menentang gula, melainkan dia menyarankan gimana mengelola dan merencanakan konsumsi gula untuk kesehatan nan yang lebih baik.

Simak Video "Ketupat Sayur Padang di Tebet Eco Park nan Jadi Menu Sarapan Favorit"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food