Resep Selai Nanas Buat Isian Nastar Yang Enak, Legit, Dan Tahan Lama

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Salah satu kue kering nan terkenal disajikan saat hari raya Lebaran adalah nastar. Nastar nan lezat tergantung pada isian selainya nan tidak keras dan terasa kenyal dan manis di mulut. Jika mau membikin selai nanas untuk isian nastar nan enak, kualitas buah nanas nan dipakai kudu diperhatikan.

Nanas nan baik dipakai untuk dijadikan selai adalah nanas nan sudah matang dan tidak mengandung banyak air. Nanas nan cocok untuk selai nanas adalah nanas Palembang, karena rasanya manis dan tidak mengandung banyak air.

Selai nanas bisa dibuat sendiri, lho. Berikut resep selai nanas untuk isian nastar nan legit dan tahan lama seperti dirangkum dari detikFood.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Resep Selai Nanas


DurasiTingkat KesulitanPorsi
90 menitmudah20
Daerah Asal Masakan : Indonesia
Kategori Masakan : Kue

Bahan Bahan

  • 2 buah nanas Palembang
  • 2 batang kayu manis dengan panjang 4 sentimeter
  • 5 butir cengkih
  • 200 gram gula pasir

Cara Memasak:

  1. Kupas nanas hingga bersih. Buang pangkal daunnya.
  2. Parut nanas seluruhnya, termasuk bagian dalam nan keras dan mata nanas. Sebaiknya parut nanas menggunakan parutan biasa. Jangan menggunakan blender agar serat-serat nanas tetap utuh dan tidak menjadi seperti bubur.
  3. Taruh nanas parut, kayu manis, dan cengkih ke dalam panci.
  4. Masak di atas api sedang sembari diaduk sesekali hingga air nanas susut dan agak kering. Jangan menggunakan api besar lantaran gula bakal mengkristal dan mengeras. Selain itu, jangan dimasak sampai kering, lantaran bakal membikin selai kekurangan air dan mengeras. Sebaiknya masak dengan wajan anti lengket. Hindari wajan besi alias aluminium agar selai nanas tidak berwarna cokelat gelap.
  5. Masukkan gula pasir lampau kecilkan api. Sesuaikan jumlah gula dengan tingkat kemanisan nan diinginkan. Akan tetapi, jangan gunakan terlalu banyak gula agar selai tidak menjadi keras.
  6. Masak dan aduk-aduk selai nanas hingga kental dan kering. Angkat dan dinginkan.
  7. Bentuk selai nanas menjadi bola-bola mini sesuai ukuran nastar, sekitar 5 gram.
  8. Selai nanas siap dipakai untuk isian nastar.

Tips Agar Selai Nanas Tahan Lama

Untuk membikin selai nanas nan lezat dan tahan lama, berikut beberapa tips nan bisa diikuti.

  • Gunakan gula pasir murni tanpa campuran pemanis buatan. Mengutip Sugar Nutrition Resource Center, gula berkedudukan sebagai pengawet makanan alami dengan langkah menyerap kandungan air, sehingga mikroorganisme dalam makanan tidak mempunyai cukup air untuk berkembang. Sehingga, aktivitas mikroorganisme melambat dan makanan bisa disimpan lebih lama.
  • Simpan selai nanas di stoples tertutup, lampau simpan ke kulkas. Mengutip Tasting Table, menyimpan selai dalam lemari es bakal memperlambat aktivitas mikroorganisme sehingga selai memperkuat lebih lama.

Itu dia resep selai nanas untuk isian nastar nan legit, siap disajikan di hari raya. Selamat menikmati!

Simak Video "Bazar Kue Kering di Blok M Square, Nastar Masih Jadi Favorit"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food