Penjual Kue Ini Nyaris Tertipu Rp 3 Juta Dari Pesanan Kue Palsu

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Jakarta -

Modus penipuan semakin marak terjadi. Penjual kue ini nyaris tertipu Rp 3 juta setelah mendapatkan pesanan kue tiruan dari calon pembelinya.


Penipuan online bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Salah satu modus penipuan nan paling banyak ditemukan adalah ketika shopping online alias pesan makanan online.

Korbannya bukan hanya pembeli saja, tapi penjual juga sering dijadikan sasaran penipuan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Seperti kisah seorang penjual kue asal Malaysia berjulukan Xiaohui.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari WeirdKaya (26/03), Xiao membagikan pengalamannya lewat situs Xiaohongsu.

"Saya nyaris saja tertipu saat menjual kue. Kemarin ada seorang calon pembeli menghubungi saya dan mengatakan dia sedang mencari kue berukyuran 8 cm. Di tengah percakapan saya merasa ada nan tidak beres dengan pembeli ini," jelas Hui, nan mempunyai upaya Chris Chong Bakery di Kuala Lumpur, Malaysia.

Penjual Kue Ini Nyaris Tertipu Rp 3 Juta dari Pesanan Kue PalsuPenjual Kue Ini Nyaris Tertipu Rp 3 Juta dari Pesanan Kue Palsu Foto: Site/Xiaohungshu

Bahkan belum sempat pembeli itu memilih warna, rasa hingga tema kue tapi dia sudah memaksa Hui untuk mengirimkan total pembeliannya. Lebih anehnya lagi setelah total nilai dibelikan, calon pembeli itu menghilang padahal Hui sudah menuliskan pemisah pengiriman duit alias pesanan dianggap batal.

Calon pembeli itu transfer duit sekitar RM 875 (Rp 3 juta), menurut Hui jumlah ini lebih dari total nan diberikan.

"Tiba-tiba calon pembeli ini mengirimkan bukti pembayaran jam 1 malam, setelah saya klik bukti pembayarannya rupanya betul dia mengirimkan bukti transfer palsu. Banyak kejanggalan pada bukti transfernya, apalagi dia salah ketik di bukti tiruan itu," lanjut Hui.

Mengetahui bahwa pesanan tiruan ini hanya untuk menipunya, Hui langsung mencecar penipu tersebut.

Penjual Kue Ini Nyaris Tertipu Rp 3 Juta dari Pesanan Kue PalsuPenjual Kue Ini Nyaris Tertipu Rp 3 Juta dari Pesanan Kue Palsu Foto: Site/Xiaohungshu

"Kami tidak menerima transfer Anda, jumlah nan dimasukan juga salah. Bukti transfer nan dikirim sangat buram sehingga kami anggap itu palsu. Tapi jika Anda tetap merasa bukti pembayaran itu asli, kami bakal meminta pihak kepolisian untuk investigasi masalah ini. Agar setara bagi kedua pihak," jelas Hui ke sang penipu.

Sayangnya Hui tidak menjelaskan kelanjutan chatnya dengan penipu. Di kolom komentar ada banyak korban penipuan dengan modus serupa.

"Ini strategi modus penipuan lama, saya juga pernah dihubungi dengan nomor penipu ini. Pura-puranya mau beli bunga," komen salah satu netizen.

"Bahkan di internet nomor penipu ini sudah terkenal, modusnya pura-pura mau beli makanan alias produk nan kita jual tapi bukti transfernya hasil editan," kritik netizen lainnya.

Sebelumnya ada juga kisah pemilik restoran di Thailand, kena tipu pesanan katering sampai rugi jutaan rupiah.

Baca Juga: Duh! Restoran Ini Kena Tipu Pesanan Katering Sampai Rugi Jutaan" selengkapnya

Simak Video "Mengenal Keluarga Penjual Kue Putu Turun-temurun di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food