Nabung Untuk Kuliah, Driver Ojol Ini Malah Kena Orderan Makanan Fiktif

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Cobaan di bulan Ramadan, driver ojek online ini menangis lantaran mengalami orderan fiktif makanan. Total kerugian Rp 400.000, padahal uangnya untuk biaya kuliah.

Pemesanan makanan melalui aplikasi ojek online (ojol) bisa menjadi perihal nan riskan bagi driver ojolnya. Pasalnya orderan fiktif makanan tetap kerap terjadi.

Meskipun sebenarnya, driver ojol dapat melaporkan kejadian dan mendapat tukar rugi, tetapi mereka telah mengalami kerugian tenaga dan waktu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti nan dialami oleh driver ojol nan diceritakan oleh akun TikTok @randy.gragaz. Lewat video TikToknya (23/03/24) Randy menceritakan kronologinya.

Rupanya, rumah Randy menjadi sasaran orderan fiktif tersebut. Terlihat di dalam video, driver ojol tersebut menangis saat tahu, rupanya bukan Randy nan memesan makanan.

Nabung untuk Kuliah, Driver Ojol Ini Malah Kena Orderan Makanan FiktifNabung untuk Kuliah, Driver Ojol Ini Malah Kena Orderan Makanan Fiktif Foto: Tikok @randy.gragaz

Driver ojol itu mengatakan bahwa dia menjadi driver ojol untuk biaya kuliah kembali. Pasalnya dia sempat berakhir kuliah untuk membantu menyelesaikan utang ibunya.

"Malam-malam dapat orderan fiktif sasarannya rumah saya. Kasihan uangnya ditabung buat biaya kuliah nan berakhir katanya," bunyi keterangan dalam video.

Dikonfirmasi detikFood (24/03/24) makanan nan dipesan merupakan frozen food dengan total shopping Rp 250.000 nan dibayar driver ojol menggunakan duit tunai.

Tak hanya itu, pelaku orderan fiktif juga meminta driver ojol untuk top-up ke e-walletnya sebanyak Rp 150.000. Jadi total biaya nan dikeluarkan mencapai Rp 400.000.

Melalui fitur chat, pelaku orderan fiktif itu mengirimkan foto gerbang rumah Randy di wilayah Surabaya, Jawa TImur. Namun, faktanya tak ada satu pun di rumah Randy nan memesan makanan.

Nabung untuk Kuliah, Driver Ojol Ini Malah Kena Orderan Makanan FiktifNabung untuk Kuliah, Driver Ojol Ini Malah Kena Orderan Makanan Fiktif Foto: Tikok @randy.gragaz

Jika dilihat dari akun ojolnya, pelaku orderan fiktif tersebut berjulukan Nova Yulia. Namun, saat nomor Whatsappnya dicek di Get Contact namanya adalah Aisyah.

"Tolong dong @gojekindonesia, jika orderan dalam jumlah besar pembayaran langsung Gopay. Mau sampai kapan begini? bisa-bisa rumah saya jadi langganan orderan fiktif," tutur Randy.

Videonya viral dan mendapat tanggapan dari netizen. Banyak netizen nan menyayangkan tetap adanya kejadian orderan fiktif nan merugikan driver ojol dan orang lain.

"Eh tolong dong berakhir buat orderan fiktif. Iya tau driver bisa laporan, tapi itu butuh waktu. Bukan nan lenyap lapor duit langsung balik. Bayangin kalo mereka lagi butuh," tulis netizen.

"Di bulan Ramadan tetap aja ada orang nan kelakuannya jahat, jika meninggal jalan sendiri lo ke kuburan, gak ada nan sudi ngangkat," tulis netizen lainnya.

Simak Video "Tekwan, Menu Berbuka Puasa Khas Palembang nan di Buru Pembeli"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food