Manfaat Susu Kurma Untuk Diet, Benarkah Bisa Pangkas Bb?

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Jakarta -

Susu kurma adalah olahan susu nan dicampur daging buah unik padang pasir dengan rasa manis, creamy, dan menyegarkan. Susu kurma tidak berasal dari ekstrak buah alias polong layaknya susu kedelai.

Kurma (Phoenix dactylifera) dikenal sebagai buah kaya nutrisi dan faedah bagi tubuh. Sama dengan susu, kurma juga dapat membantu menjaga kesehatan sekaligus memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

Konsumsi susu kurma apalagi dianggap bisa menurunkan berat badan (BB) bagi nan mengalami kelebihan alias obesitas. Benarkah demikian?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Manfaat Susu Kurma untuk Diet, Benarkah?

Dikutip dari situs Happiest Health, diet susu kurma diterapkan sebagai mono diet. Artinya, pelaku diet hanya mengonsumsi susu kurma dalam kurun waktu tertentu. Metode ini bisa menurunkan BB, namun bisa berakibat jelek bagi pelakunya.

"Tubuh bakal kelaparan dan kekurangan nutrisi penting, nan dibutuhkan untuk pemeliharaan serta perbaikan. Diet susu kurma sebaiknya jangan dilakukan terus menerus," kata master mahir endokrin dr Giridhar Adapa dari Manipal Hospitals, Vijayawada.

Konsumsi susu kurma untuk diet sebaiknya hanya dilakukan satu minggu alias kurang. Selanjutnya, bisa diterapkan pola diet lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Misalnya, karbohidrat kompleks nan kaya serat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Kandungan dan Manfaat Susu Kurma

Susu kurma untuk menurunkan berat badan nan dikonsumsi sebagai mono diet memang tidak disarankan. Namun konsumsi susu kurma bukan berfaedah tidak baik untuk kesehatan.

Berikut kandungan nutrisi dalam susu dan kurma

Kurma:

Buah kurma adalah sumber energi, gula, serat, dan beragam mineral penting. Misal kalsium, unsur besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc ditemukan pada kurma. Kurma juga mengandung thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K.

Susu:

Sebagai sumber protein hewani, susu mengandung nutrisi krusial untuk kesehatan tubuh, Misal protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, kalium, unsur besi, fosfor, serta mineral lainnya.

Dikutip dari Times of India, faedah susu kurma adalah:

  • Meningkatkan kekuatan otot.
  • Membantu menangani anemia.
  • Menunjang performa seksual.
  • Gudang penyimpanan energi.
  • Membantu mengatasi masalah seputar kulit.
  • Memperbaiki sistem pencernaan.
  • Mengurangi rasa sakit pada sendi.
  • Meningkatkan kapabilitas memori otak.
  • Membantu meningkatkan berat badan.

Konsumsi susu kurma memang baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Namun jika bermaksud mengurangi BB, ada baiknya konsumsi susu kurma dibarengi asupan lain nan bergizi dan penerapan pola hidup sehat.

Simak Video "Laksan Khas Palembang nan Cocok Jadi Menu Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food