Lembut Gurih! Pepes Nila Berbumbu Rempah Khusus Di Kulon Progo

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Jakarta -

Mau menikmati sajian spesial di Kulon Progo? Mampirlah ke Waroeng Limas Progo. Di sini ada menu pepes ikan nila nan dibalur ramuan rempah khusus. Nikmat!

Pepes ikan nila jadi menu jagoan rumah makan Waroeng Limas Progo. Lokasinya ada di sekitar Gerbang Samudra Raksa, Dusun Klangon, Kalurahan Banjaroya, Kapanewon Kalibawang, Kulon Progo.

Dari pusat Kota Jogja, jarak nan ditempuh untuk bisa sampai ke sini berkisar 33 km alias 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Rute tercepat lewat jalan Godean ke timur, tembus Jalan Dekso-Klangon, kemudian ke utara sampai perbatasan antara Kulon Progo-Magelang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menu pepes ikan nila di sini terkenal lembut, gurih, dan pedas. Ada juga jejak sedikit rasa manis nan menambah nikmat.

Pepes Nila Kali Progo ini laku manis di pasaran. Hampir setiap hari, Waroeng Limas Progo bisa menghabiskan hingga 20 kg ikan nila nan merupakan bahan utama pembuatan pepes.

"Pepes ini memang best seller di kita. Alhamdulillah, pas ramai gini bisa lenyap 20 kg (ikan nila)," ungkap pengelola Waroeng Limas Progo, Nur Setyo Iriantoro saat ditemui di lokasi, Jumat (22/3/2024).

Pria nan berkawan disapa Setyo ini mengatakan, proses pembuatan Pepes Nila Kali Progo sebenarnya mirip dengan pepes-pepes lain nan biasa dijumpai di pasaran. Perbedaan utamanya pada rempah nan digunakan.

Proses pembuatan Pepes Nila Kali Progo di Rumah Makan Waroeng Limas Progo, Dusun Klangon, Kalurahan Banjaroya, Kapanewon Kalibawang, Kulon Progo, Jumat (22/3/2024).Proses pembuatan Pepes Nila Kali Progo di Rumah Makan Waroeng Limas Progo, Dusun Klangon, Kalurahan Banjaroya, Kapanewon Kalibawang, Kulon Progo, Jumat (22/3/2024). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJogja

"Jadi ikan ini terlebih dulu dibersihkan. Kemudian baru dibaluri ramuan rempah-rempah khusus," ucapnya.

Ikan nila nan telah dibaluri ramuan rempah unik itu lampau dibungkus menggunakan daun pisang segar. Setelah itu dikukus dengan api sedang hingga daunnya berubah menjadi agak kecoklatan.

Setelah itu menu nan satu porsinya dihargai sebesar Rp 25.000 ini siap untuk dihidangkan berbareng dengan nasi hangat.

Setyo menjelaskan, fans Pepes Nila Kali Progo ini berasal dari beragam wilayah di Kulon Progo dan sekitarnya. Mayoritas adalah para pengendara nan kebetulan melintas di sekitar Gerbang Samudra Raksa.

"Pembeli kita dari beragam wilayah sekitar. Mayoritas pengendara jalan lantaran kita terletak di rest area (Gerbang Samudra Raksa), jadi nan lagi perjalanan jauh banyak nan beristirahat dan berakhir di warung kita," ujarnya.

Di samping Pepes Nila Kali Progo, warung nan berada di tepi Sungai Progo ini juga punya menu lain nan tak kalah nikmat, ialah iwak kali campur. Isinya terdiri dari jenis ikan tawar nan telah digoreng, antara lain ikan wader, kotes, hingga udang kali.

Wujud Pepes Nila Kali Progo di Rumah Makan Waroeng Limas Progo, Dusun Klangon, Kalurahan Banjaroya, Kapanewon Kalibawang, Kulon Progo, Jumat (22/3/2024).Begini bentuk pepes ikan nila unik Kulon Progo nan dari tampilannya saja menggiurkan. Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJogja

"Menu ini jadi semacam nostalgia kita dulu waktu mini saat lagi nyari ikan di Sungai Progo. Seperti halnya pepes, menu ini juga disukai tamu-tamu di sini," ujar Setyo.

Sembari menyantap jenis kuliner tradisional, visitor Waroeng Limas Progo juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar berupa pegunungan Menoreh dan aliran Sungai Progo. Jika datang pada waktu petang dan cuacanya mendukung, proses terbenamnya mentari dapat terlihat dari letak ini.

"Iya di sini jika pas cuaca cerah, jadi kan ada Sungai Progo di sini, terus di ujung sana ada Bukit Menoreh, nah itu jika sunset sangat bagus. Jadi bagusnya (berkunjung) sore sampai malam untuk menikmati suasana di sini," ucap Setyo.

Salah satu visitor Waroeng Limas Progo, Oktaviana Agilia Putri mengaku datang ke sini lantaran tertarik dengan menu Pepes Nila Kali Progo. Sebagai pecinta pepes, dia menyebut jika sajian pepes di sini masuk kategori enak.

"Saya pesen menu pepes lantaran memang suka ya. Rasanya itu pedas, gurih dan rempah-rempahnya terasa banget. Tekstur dagingnya juga lembut beda dengan pepes lain nan pernah saya coba," ujarnya.

Alasan lain nan membikin Oktaviana datang ke warung ini lantaran suasananya nan mendukung. Menurutnya rumah makan ini cukup luas dan punya pemandangan alam nan menarik.

"Suasananya sangat lezat buat buka bersama. Didukung suasana alam, ada sungai, ada pemandangan gunung menoreh. Terus di sini ramai pengunjungnya, jika nggak pesen dulu bisa enggak dapat tempat," ucapnya.

Artikel ini sudah tayang di detikjogja dengan judul, "Mencicip Pepes Nila Kali Progo, Pedas Gurih Bikin Nagih!"

Simak Video "Suasana Blok M Square Jelang Lebaran, Pengunjung Berburu Kue Kering "
[Gambas:Video 20detik]
(Jalu Rahman Dewantara/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food