Ladies! Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Karena Picu Kembung Saat Haid

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Wanita nan sedang menstruasi sebenarnya tidak boleh makan sembarangan. Hindari konsumsi 5 makanan ini lantaran bikin perut kembung.

Selama masa menstruasi, wanita dihadapi dengan kondisi perut nan sakit dan tidak nyaman. Mulai dari perut kram sampai perut kembung.

Gejala seperti ini terjadi akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh ketika wanita menstruasi. Masalah ini sebenarnya bisa membaik sendiri seiring berakhirnya masa menstruasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Asalkan, para wanita tidak memperparahnya dengan mengonsumsi makanan sembarangan. Sebab, kembung di perut saat menstruasi juga bisa dipicu lantaran asupan makanan nan kurang baik.

Untuk menghindari kondisi perut kembung nan lebih buruk, saat menstruasi para wanita sebaiknya tidak mengonsumsi 5 makanan ini, seperti nan dilansir Times of India (17/03):

1. Makanan berlemak

Selection of bad fat sources, copy spaceMakanan berlemak tidak baik dikonsumsi wanita saat sedang haid. Foto: iStock

Saat menstruasi, nafsu makan biasanya meningkat. Rasanya mau sekali menikmati makanan-makanan nan terlihat menggiurkan, seperti gorengan alias kue manis.

Sayangnya, makanan seperti itu tinggi lemak. Belum lagi ada beberapa nan tinggi bakal lemak jenuh dan trans nan dapat memperlambat pencernaan. Akhirnya menyebabkan rasa tidak nyaman di perut sampai membikin kembung.

Oleh lantaran itu, makanan berlemak sebaiknya dihindari. Jenis-jenisnya termasuk makanan nan digoreng, junk food, daging berlemak, sosis, kue kering, keju, sampai makanan nan bersantan.

2. Makanan tinggi garam

Ilustrasi keripik tempeMakanan tinggi garam seperti keripik nan diberi garam dan penyedap tinggi juga perlu dihindari. Foto: Getty Images/Edy Gunawan

Makanan tinggi garam alias natrium juga sering menggiurkan. Namun, para wanita perlu menghindarinya menjelang menstruasi alias saat sedang haid.

Asupan garam berlebihan dapat menyebabkan retensi air sehingga memperburuk kembung. Makanan ini juga dapat menyebabkan berkumpulnya cairan di dalam pembuluh darah.

Makanan tinggi garam nan perlu dihindari, seperti makanan olahan, camilan asin, dan makanan sigap saji nan seringkali mengandung natrium tinggi. Kamu bisa menggantinya dengan pilihan lebih baik.

Alih-alih menikmati kentang goreng, Anda bisa menikmati kentang panggang nan kandungan garamnya condong lebih rendah.

Daftar makanan lain nan perlu dihindari saat haid, bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food