Keren! 5 Restoran Ini Menempati Gedung Bersejarah Ratusan Tahun

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Tak hanya dijadikan situs berhistoris hingga dilestarikan, banyak gedung era kolonial nan disulap menjadi restoran dan tempat makan modern.

Di tengah modernnya kota Jakarta, tetap banyak restoran mewah hingga kafe klasik nan tetap berdiri di dalam gedung bersejarah, jejak peninggalan Belanda.

Meski usia gedung ini sudah mencapai ratusan puluhan hingga ratusan tahun lamanya. Tapi dengan sentuhan nuansa klasik, bangunan-bangunan ini menambah kesan elegan dan mewah nan memukau setiap visitor nan makan di sana.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bahkan kebanyakan restoran-restoran nan berdiri di gedung berhistoris ini mengusung konsep fine dining, hingga restoran kelas atas nan nilai makanannya cukup fantastis.

Mulai dari Cafe Batavia nan ikonik dengan pemandangan Museum Fatahilah, sampai Tugu Kunstring Palaeis nan mengusung konsep galeri seni dan restoran fine dining style kolonial.

Berikut lima restoran dan kafe di Jakarta nan berdiri di dalam gedung berhistoris era kolonial.

1. Bunga Rampai

Restoran Bunga RampaiRestoran Bunga Rampai Foto: Daniel Ngantung/Wolipop

Terletak di area perumahan elite di Menteng, Jakarta Pusat. Restoran Bunga Rampai tidak pernah sunyi dari pengunjung, nuansa homey dari gedung klasik tempo dulu rupanya sudah ada sejak awal tahun 1900-an.

Dulunya gedung ini dijadikan tempat para pejabat negara untuk mengadakan pertemuan. Puluhan tahun berselang, di tangan Agam Riadi, gedung ini direnovasi menjadi restoran di tahun 2007 tanpa mengubah corak alias gedung aslinya. Interior kolonial tempo dulu berpadu dengan aksen mewah, dengan sentuhan budaha China peranakan.

Menu makanannya juga tidak perlu diragukan lagi rasanya. Semuanya menyajikan menu unik Indonesia, seperti tumis pare telor asin, sayur lodeh gedongan, ayam tangkap unik Aceh, udang kenari hingga sate maranggi. Kisaran nilai makanannya sekitar Rp 200.000 per porsi, nan bisa disantap untuk 3-4 orang.


2. Plataran Menteng

Plataran Menteng JakartaPlataran Menteng Jakarta Foto: Plataran Menteng Jakarta

Plataran Menteng tampil beda di tahun 2017 ketika mereka menempati gedung berhistoris jejak pondok untuk para mahasiswa di Universitas Indonesia. Bangunan megah dan kokoh ini, kemudian dibeli oleh Dokter Lukito Husodo, sebelum dijual lagi ke pihak lain.

Bahkan pihak Plataran sengaja tidak mengubah apapun dari corak original gedung ini, termasuk pohon mangga berumur 86 tahun lebih. Ruangan interior restorannya juga tetap klasik tapi nyaman.

Menu nan disajikan nyaris mirip dengan restoran lainnya, ialah menu unik Indonesia dengan style fine dining. Seperti lumpiang gang Lombok, salad terong cincang ayam, pindang serani, nasi goreng rengginang, rendang ayam batu sangkar, hingga tumis ciciwis Cianjur. Kisaran harganya dari Rp 100.000 per menu.

3. Bakoel Koffie

Bakoel Koffie, warung kopi legendaris di Kawasan CikiniBakoel Koffie, warung kopi legendaris di Kawasan Cikini Foto: detik

Jadi salah satu tempat ngopi paling tua di Indonesia, Bakoel Koffie terletak di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Selama lebih dari 153 tahun Bakoel Koffie sukses mempertahankan kualitas kopi, hingga gedung berhistoris nan mereka tempati hingga sekarang.

Dulu namanya bukan Bakoel Koffie, melainkan Tek Sun Ho nan pertama kali didirikan pada tahun 1878. Tek Sun Ho terkenal sebagai produsen biji kopi premimum, nan berkembang menjadi brand ternama hingga namanya berubah menjadi Bakoel Koffie.

Di sini visitor bisa menikmati kopi enak, dengan kreasi interior minimalis klasik rancangan arsitek ternama, Andra Matin. Di sini menu andalannya ada Bakoel Klasik, terdiri dari pilihan Kopi Kampong nan eksis dari tahun 1969. Kemudian ada kopi tubruk, oreo kofie shake.

Lengkap dengan jenis jajanan pasar seperti tahu slawi, kue nyonya, singkong M'ledug, lumpia sampai menu makan siang kenyang seperti nasi goreng kluwek, mie goreng Djawa hingga lontong cap gomeh dengan kisaran nilai sekitar Rp 60.000 per menunya.

Simak Video "Bikin Kalap! Tempat Makan Murah di Gading Serpong nan Punya Aneka Sayur Enak"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food