Inilah 7 Menu Sahur Sehat Yang Disunnahkan Rasulullah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Rasulullah kerap memberikan contoh agar umat Muslim dapat mendapatkan nan terbaik dalam hidupnya. Termasuk beberapa menu sahur nan disunnahkan dan menjadi rekomendasi nabi.

Selain Alquran dan Hadits, sunnah Nabi Muhammad SAW juga menjadi pedoman nan dapat menuntun kehidupan umat Muslim menjadi lebih baik. Sunnah alias hal-hal nan dianjurkan oleh Rasulullah mempunyai argumen nan tak hanya baik untuk kebaikan ibadah tetapi juga untuk kesehatan.

Rasulullah SAW semasa hidupnya menerapkan pola makan dna pola hidup nan begitu sehat. Maka tak ada salahnya untuk mengikuti sunnah dan rekomendasi beberapa makanan tertentu nan telah dicontohkan oleh Nabi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selama menjalankan puasa di bulan ramadan rupanya ada beberapa makanan nan disunnahkan Rasulullah SAW untuk rutin dikonsumsi. Kandungan nutrisinya nan komplit dan padat disebut dapat memperkuat tubuh menjalankan puasa seharian penuh dan memberikan banyak khasiat.

Baca juga: Sajikan Porsi Kecil untuk Wanita, Restoran Sushi Bintang Michelin Diprotes

Berikut ini 7 makanan untuk sahur nan disunnahkan Rasulullah menurut Muslim Hands:

Inilah 7 Menu Sahur Sehat nan Disunnahkan RasulullahLabu nan kaya air disunnahkan Rasulullah untuk rutin dikonsumsi selama bulan ramadan. Foto: Getty Images/iStockphoto/lisegagne

1. Labu

Ada banyak jenis labu di dunia, begitu juga beragam varietas nan tumbuh subur di Indonesia. Labu secara alami mempunyai kandungan air nan tinggi apalagi mencapai hingga 97% dari berat utuhnya.

Labu dapat diolah menjadi beragam penganan enak, seperti lalapan maupun diolah menjadi sup nan hangat. Salah satu buahpikiran menu sahur berbahan labu nan sederhana misalnya seperti sayur labu siam nan dapat dipadukan dengan sayuran lainnya.

2. Melon

Kebutuhan hidrasi nan tinggi saat menjalankan puasa kudu begitu diperhatikan oleh umat Muslim. Mengonsumsi makanan nan tinggi kadar airnya seperti buah melon dapat menjadi salah satu langkah untuk mencegah dehidrasi.

Melon nan mempunyai kadar air hingga 90% rupanya juga disunnahkan oleh Rasulullah untuk rutin dikonsumsi ketika melakukan sahur. Melon bisa menjadi makanan pembuka sebelum hidangan utama maupun pencuci mulut sembari menunggu waktu imsak.

3. Telur

Telur menjadi sumber protein nan baik dengan nilai murah meriah dan mudah untuk didapatkan. Dalam sebuah telur terkandung vitamin A, D, E, B6, B12, kalsium, unsur besi, hingga zinc nan lengkap.

Kebutuhan tubuh manusia bakal asupan protein saat berpuasa sangatlah penting. Hal ini disebabkan protein dapat membantu memberikan rasa kenyang nan lebih lama sehingga tubuh tak mudah lemas ketika berpuasa seharian.

Makanan untuk sahur nan disunnahkan lainnya ada di laman berikutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food